Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 21:11 WIB | Kamis, 06 Agustus 2015

Menlu AS: Bom Hiroshima Garisbawahi Perjanjian Nuklir

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry (kiri) dan Menteri Luar Negeri Jepang Fumio Kishida berjabat tangan sebelum pertemuan bilateral di Kuala Lumpur pada 6 Agustus 2015. (Foto: AFP)

KUALA LUMPUr, SATUHARAPAN.COM - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry hari Kamis (6/8) mengatakan pengeboman Hiroshima oleh AS menggarisbawahi pentingnya perjanjian dan pelucutan nuklir Iran secara umum, saat Jepang memperingati 70 tahun insiden tersebut.

“Sudah jelas, itu bukan hanya mengingatkan kita dengan dampak perang jangka panjang terhadap orang-orang dan negara tetapi juga menggarisbawahi pentingnya perjanjian yang dicapai dengan Iran guna mengurangi kemungkinan ada lebih banyak senjata nuklir,” kata Kerry di sela-sela pertemuan diplomatik regional di Kuala Lumpur.

Perjanjian itu akan melonggarkan Iran dari sanksinya sebagai ganti pembatasan program nuklir mereka, yang sudah lama diyakini Washington merupakan dalih untuk membuat bom.

Namun kesepakatan tersebut mendapat pertentangan di Kongres AS, yang akan melakukan pemungutan suara mengenai hal itu.

Ledakan tersebut mengubah Hiroshima menjadi lautan api, langsung menewaskan ribuan orang dan menyebabkan beberapa lainnya mengalami luka parah hingga tewas perlahan.

Kerry menambahkan “kami turut berbelasungkawa kepada korban yang selamat,” saat dia juga memuji hubungan kuat yang masih berlanjut di antara AS dan Jepang yang dibangun setelah perang. (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home