Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 22:38 WIB | Rabu, 04 Desember 2013

Menlu Rusia Desak Pembebasan Biarawati di Suriah

Kota kuno Maaloula di Suriah, tempat biarawati diculik kelompok bersenjata. (Foto: Ist)

MOSCOW, SATUHARAPAN.COM - Kementerian Luar Negeri Rusia dan Gereja Ortodoks Rusia menuntut pembebasan sekelompok biarawati yang dilaporkan ditangkap dan diculik  oleh pemberontak Islam di biara kuno di Suriah.

Para biarawati dibawa pergi oleh orang-orang bersenjata yang masuk ke biara Ortodoks Yunani St Tekla pada hari Senin (2/12) di desa Maaloula, sekitar 50 kilometer dari ibukota Suriah, Damaskus.

Pernculikan itu terjadi di tengah pertempuran sengit antara kelompok oposisi dan pasukan pemerintah di Maaloula. Para biarawati di Biara St Tekla di kota Maaloula ditangkap sekelompok pasukan bersenjata, dan sampai sekarang tidak ada kontak yang mengindikasikan keberadaan mereka.

Maaloula adalah kota kecil yang indah dan merupakan simbol kekristenan kuno di Suriah. Kota itu dihuni sekitar 5.000 warga yang merupakan satu di antara beberapa kawasan  di dunia yang berbicara dalam bahasa Aram, bahasa yang sama dengan yang digunakan pada abad pertama di masa Yesus Kristus.

Ada beberapa kebingungan atas jumlah perempuan yang diculik, dan apakah mereka telah disandera oleh pemberontak atau dievakuasi paksa dari pertempuran di desa tersebut.

Biarawati Senior

Radio Vatikan melaporkan bahwa Paus Fransiskus menyebutkan pada audiensi umum pada hari Rabu (4/12) untuk doa bagi para biarawati St Tekla "yang diambil secara paksa oleh orang-orang bersenjata".

Duta Besar Vatikan untuk Suriah, Mario Zenari, mengatakan bahwa 12 biarawati telah dibawa ke kota Yabroud, sekitar 80 kilometer sebelah utara ibukota, menurut laporan media.

Situs Kementerian Luar Negeri Rusia melaporkan bahwa 13 biarawati yang hilang termasuk biarawati senior, Pelagia Sayaf.  Kantor berita negara Suriah, SANA mengatakan pada hari Senin (2/12) bahwa Sayaf adalah salah satu dari biarawati yang terjebak dalam biara.

Solidaritas Penuh

Konstantin Dolgov, ombudsman hak asasi manusia di Kementerian Luar Negeri di Moskow, mendesak masyarakat internasional dan organisasi hak hak asasi manusia untuk mengutuk insiden, yang telah meningkatkan kekhawatiran atas keselamatan orang-orang Kristen yang tinggal di Suriah.

"Kami menyerukan kepada orang-orang yang menculik para suster untuk membebaskan mereka segeradengan  aman dan sehat," Dolgov menulis di akun Twitter-nya hari Rabu.

Patriark Gereja Ortodoks Rusia juga mengutuk "tindakan sinis ekstrimis" dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu, dan mengatakan bahwa itu berdoa untuk  pembebasan dengan aman para biarawati.

Hal ini menyatakan "solidaritas penuh" dengan Patriark Gereja Ortodoks Yunani Antiokhia, John Yazigi, yang mengajukan banding dalam sebuah pernyataan kepada "penculik" untuk membebaskan para biarawati dan sekelompok anak yatim yang juga tinggal di biara.

Minoritas komunitas Kristen Suriah ini sering menjadi target ekstremis Islam di antara kelompok pemberontak  dalam perang saudara selama hampir tiga tahun terhadap rezim Presiden Bashar Al-Assad.

Sebelumnya, dua uskup dan imam diculik oleh pemberontak, dan  ini adalah insiden pertama yang melibatkan biarawati. (ria.ru)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home