Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 11:41 WIB | Senin, 27 April 2015

Menteri Andrinof Optimistis Rembug Nasional Seimbangkan SDM dan SDA

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Andrinof Chaniago (kiri) dan Bupati Kaur, Bengkulu Hermen Malik (kanan) (Foto: Prasasta)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Men PPN/ Kepala Bappenas) Andrinof Chaniago mengaku optimistis dalam lima tahun Indonesia mampu atasi kesenjangan dengan menyeimbangkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA).

“Saat ini kita optimistis dengan Sumber Daya Alam Indonesia yang cukup berimbang dengan Sumber Daya Manusia pasti akan kita optimalkan untuk  menggerakan SDM yang dikonsentrasikan di tempat-tempat tertentu ke daerah-daerah pinggiran maka itu akan bergerak, dan akan tumbuh,” kata Andrinof dalam Rembug Nasional Dalam Rangka Merumuskan Konstruksi Dan Indikator Pembangunan Di Wilayah Perbatasan Pedalaman Pesisir Pulau-Pulau Kecil Dan Terluar, di Gedung Serbaguna Kementerian PPN, di Jalan Taman Suropati, Jakarta, Senin (27/4).

Andrinof memberi contoh bahwa faktor penentu kemajuan daerah pinggiran di Indonesia saat ini sebenarnya seperti koordinasi yang baik antara kementerian yang dia pimpin dan kebijakan Menteri Susi Pudjiastuti yang menggiatkan pembersihan illegal fishing di wilayah Timur Indonesia, karena potensi laut merupakan salah satu Sumber Daya Alam terutama di sektor maritim yang dijaga.   

Andrinof menyebut Rencana Kerja Pembangunan Pemerintah 2016 masih akan dipresentasikan dalam waktu dekat, dan pihaknya menyebut seluruh kepala daerah dan pemangku kepentingan di daerah harus siap.

“Nanti tanggal 29 (Rabu 29/4) kita akan menyelenggarakan puncak Musrenbangnas (Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional), yang kemarin dua pekan adalah Pra Musrenbang,” kata Andrinof.

Dalam kesempatan yang sama dihadiri Bupati Kaur, Bengkulu  Hermen Malik, memberi contoh tentang permasalahan Pembangunan Indonesia dari Pinggiran.

“Kami mengapresiasi acara ini sebagai bagian perubahan daerah pinggiran, dan kami juga bisa menyampaikan kondisi terkini tentang permasalahan di Bengkulu sebagai salah satu contoh daerah di Iindonesia,” kata Hermen.

Hermen memberi penjelasan bahwa kemiskinan dan kesenjagan sosial menjadi salah satu masalah yang umum, dan juga terjadi di wilayahnya. “Saat ini penting bagi kita memelihara koordinasi dan hubungan baik antara Sumber Daya Manusia, Sumber Daya Alam, Sumber Daya Buatan, dan koordinasi pemerintah,” kata Hermen.

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home