Loading...
MEDIA
Penulis: Eben Ezer Siadari 14:56 WIB | Minggu, 01 Februari 2015

Militer Inggris Bentuk Brigade Khusus untuk Medsos

Mereka diharapkan dapat menarik simpati masyarakat terhadap misi tentara Inggris.
Foto arsip yang menggambarkan tentara Inggris. Inggris kini tengah membentuk Brigade 77 yang bertugas di medsos. (Foto:AFP)

LONDON, SATUHARAPAN.COM -Militer Inggris tengah membentuk sebuah brigade khusus yang akan beperang memenangi pertempuran di ajang media sosial (medsos) di era informasi. Mereka akan berlaga menggunakan taktik psikologi di internet

BBC melaporkan, Minggu (1/2), pasukan khusus yang diberi nama Brigade 77 ini akan bermarkas di Hermitage, Berkshire dan akan diresmikan pada April mendatang. Penegasan ini datang dari Jenderal Angkatan Darat Sir Nick Carter.

Brigade 77 terdiri dari tentara biasa dan tentara cadangan Angkatan Darat dan Angkatan Laut, yang akan "memainkan peranan kunci untuk membantu Inggris berperang di era informasi." Carter menegaskan brigade ini membutuhkan tentara yang tidak hanya memiliki kemampuan tradisional.

Walaupun brigade ini terdiri dari tentara,  warga sipil juga akan direkrut yaitu yang memiliki kemampuan di bidang medsos. Mereka diharapkan dapat menarik simpati masyarakat terhadap misi tentara Inggris.

"Warga sipil dengan ketrampilan yang tepat akan bekerja bersama tentara dan akan dikirim ke berbagai tempat di dunia untuk memenangkan hati dan pikiran," demikian koresponden BBC Jonathan Beale melaporkan.

"Mereka akan mempengaruhi masyarakat lokal dan mengubah perilaku mereka melalui peranti yang oleh tentara disebut sebagai peranti tradisional maupun tidak konvensional."

Juru bicara militer Inggris mengatakan bahwa pembentukan unit ini didasari pada kesadaran bahwa faktor non-kekerasan memiliki dampak besar dalam perang modern. Ini adalah pelajaran yang mereka dapatkan dari keterlibatan dalam perang di Afganistan.

"Disadari bahwa tindakan dari pihak lain di era perang modern dapat dipengaruhi dengan cara bukan kekerasan dan itu memberikan pelajaran penting dari komitmen kami dalam operasi di Afganistan bersama negara-negara lain," kata juru bicara Tentara Inggris.

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home