Loading...
RELIGI
Penulis: Martahan Lumban Gaol 13:37 WIB | Minggu, 12 Juli 2015

Muslim Vietnam Cuti Kerja Fokus Jalani Ramadan

Seorang Muslim Cham tengah membaca al Quran di masjid Al Azhar di Provinsi An Giang, Vietnam. (Foto: BBC)

VIETNAM,SATUHARAPAN.COM – Sebagian besar umat Muslim di Vietnam berasal dari etnis Cham–keturunan kerajaan Champa–memiliki tradisi tidak jauh berbeda dengan yang ada di Indonesia, mereka cuti kerja dan mudik selama bulan Ramadan.

Abdul Qodir–Muslim Cham dari Phan Rang, Provinsi Ninh Thuan –mengatakan cuti kerja selama Ramadan ia lakukan agar bisa bekumpul dengan keluarga. “Sudah menjadi tradisi bagi Muslim Cham, setiap bulan Ramadan mengambil cuti kerja, kembali ke kampung dan berkumpul dengan keluarga,” kata Abdul Qodir, seperti dikutip dari BBC, Minggu (12/7).

Pegawai Badan Sertifikasi Halal di Kota Ho Chi Minh ini mengaku tempatnya bekerja mengijinkan cuti karena tak banyak pekerjaan yang dilakukan selama bulan Ramadan. “Pekerjaan kami melakukan uji makanan halal, dan itu tidak dilakukan saat orang puasa pada saat Ramadan,” kata dia.

Dia juga menyampaikan, selama pulang kampung lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dan masjid untuk berbuka puasa bersama.

Provinsi Ninh Thuan, merupakan pusat Kerajaan Champa yang takluk oleh Vietnam pada akhir abad ke 15. Etnis Cham di wilayah ini memiliki keyakinan yang beragam, yaitu Hindu dan Islam, bahkan ada yang masih menganut kepercayaan leluhur.

Jumlah masjid di Provinsi ini hanya ada empat buah. Berbeda dengan di kawasan perbatasan Vietnam dengan Kamboja yaitu di Provinsi An Giang yang mayoritas penghuninya Muslim.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home