Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sotyati 09:48 WIB | Senin, 09 Juni 2014

Nadal Menangi Gelar Prancis Terbuka Kesembilan Kalinya

Nadal Menangi Gelar Prancis Terbuka Kesembilan Kalinya
Rafael Nadal dan Novak Djokovic. (Foto: sportinglife.com)
Nadal Menangi Gelar Prancis Terbuka Kesembilan Kalinya
Maria Sharapova (kanan) dan Simona Halep. (Foto: tennis.si.com/Matthew Stockman/Getty Images)

PARIS, SATUHARAPAN.COM - Rafael Nadal (28) mengunci gelar Prancis Terbuka kesembilannya dan gelar Grand Slam ke-14nya pada Minggu (8/6), melalui kemenangan 3-6, 7-5, 6-2, 6-4 atas Novak Djokovic.

Petenis peringkat satu dunia itu juga menjadi orang pertama yang memenangi lima mahkota Roland Garros secara beruntun, ketika memperpanjang rekornya di turnamen ini menjadi 66 kemenangan berbanding satu kekalahan.

Kesuksesannya meraih 14 gelar menyamai torehan Pete Sampras dan membawanya hanya terpaut tiga gelar dari pemilik rekor sepanjang masa Roger Federer, yang berusia hampir lima tahun lebih tua.

Bagi petenis peringkat dua dunia Djokovic, runner up 2012, kekalahan itu menyakitkan. Ia masih memerlukan gelar Prancis Terbuka untuk menjadi petenis putra kedelapan yang melengkapi seluruh gelar Grand Slam.

Petenis Serbia itu mendominasi fase-fase awal pada final Minggu, yang tercatat sebagai pertemuan ke-42 antara kedua petenis itu. Ia terlihat mampu mengatasi cuaca panas di lapangan Philippe Chatrier.

Namun Nadal, yang bermain di final Grand Slam ke-20nya berbanding final ke-13 Djokovic, tampil semakin baik ketika ia mengakhiri rentetan empat kekalahan beruntun dari rival lamanya itu.

Duel selama tiga jam 31 menit ini berakhir pahit ketika Djokovic melakukan kesalahan ganda pada match point, yang membuatnya mendapat cemooh dari penonton.

Di bagian putri, petenis Rusia Maria Sharapova (27), memenangi Prancis Terbuka 2014 dengan mengalahkan petenis putri Rumania, Simona Halep (22) pada laga final di Prancis, Sabtu (7/6), 6-4, 6-7(5), 6-4. Bagi Sharapova, ini merupakan gelar keduanya di Prancis Terbuka setelah 2012. (AFP/Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home