Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 09:41 WIB | Kamis, 26 April 2018

Negara-negara Nordik Bantu Masalah Sampah Bandung

Ilustrasi. Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Bandung Muhamad Solihin, menerima kedatangan para duta besar negara-negara Nordik di Ruang Kenegaraan Balai Kota Bandung, Rabu (25/4/2018). (Foto: humas.bandung.go.id)

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM – Negara-negara Nordik (Denmark, Finlandia, Swedia, Norwegia), siap membantu masalah persampahan serta tata kelola kota sebagai bagian dari upaya membangun kerja sama antara Kota Bandung dengan negara-negara di Eropa tersebut.

Upaya membangun kerja sama ini akan segera terealisasi setelah duta besar negara-negara Nordik berkunjung ke Bandung. Adapun duta besar yang hadir yakni Duta Besar Swedia untuk Indonesia Johanna Brismar Skoog, Duta Besar Denmark untuk Indonesia Rasmus Abildgaard Kristensen, Duta Besar Finlandia untuk Indonesia Paivi Hiltunen-Toivio, dan Duta Besar Norwegia untuk Indonesia Vegard Kaale.

"Kami sangat berbahagia, bisa menerima kedatangan para duta besar. Semoga kedatangan mereka bisa membuka peluang kerja sama maupun investasi di Kota Bandung dan sekitarnya," kata pejabat sementara Kota Bandung, Muhammad Solihin di Bandung, Rabu (25/4).

Solihin mengatakan, kedatangan para perwakilan negara itu untuk berdiskusi tentang solusi atas permasalahan yang ada di Kota Bandung. Pasalnya, kata dia, negara-negara Nordik dikenal dengan inovasi dan teknologi, yang dinilai mampu menuntaskan persoalan di Kota Bandung.

Pada pertemuan tersebut, turut hadir pula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Cimahi, dan Wakil Bupati Bandung, Gun Gun Gunawan. Keduanya diundang sebagai pimpinan daerah yang juga memiliki potensi kerja sama dengan negara-negara Nordik.

“Karena di Bandung Raya ini persoalannya hampir serupa yaitu urusan transportasi, kemacetan, banjir, dan juga pengelolaan sampah, maka kita undang juga kepala daerah di Bandung Raya. Jadi ini kunjungannya juga ke kota kabupaten di sekitar Kota Bandung, hanya pertemuannya dipusatkan di Kota Bandung,” katanya.

Para duta besar juga membawa serta para pakar di bidang tata kota, transportasi, energi yang berkelanjutan, dan pendidikan.

Para pakar itu akan menjadi narasumber dalam diskusi untuk membahas persoalan-persoalan di sektor-sektor tersebut.

Duta Besar Swedia untuk Indonesia, Brismar Skoog mengatakan, Bandung dipilih karena memiliki sumber daya yang memadai untuk bisa saling bertukar informasi. Kota Bandung juga dikenal sebagai pusat inovasi karena memiliki perguruan tinggi berkualitas. (Antaranews.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home