Google+
Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 09:32 WIB | Rabu, 25 Maret 2020

Olimpiade Tokyo Ditunda, Kalender Olahraga 2021 Kacau

Seorang pria yang mengenakan masker pelindung melihat ponselnya di sebelah cincin Olimpiade di depan Museum Olimpiade Jepang di Tokyo, Jepang. (Foto: dok. Reuters)

SATUHARAPAN.COM-Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe dan Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach, sepakat Olimpiade Tokyo dijadwalkan ulang paling lambat pada musim panas tahun 2021.

Keputusan untuk menunda itu diumumkan hari Selasa (24/3), setelah beberapa pekan muncul spekulasi dan kritik untuk penundaan ajang olah raga dunia itu, karena pandemi virus corona baru. Namun demikian, penundaan akan membuat kalender olahraga dunia tahun 2021 terganggu dan sangat padat.

Kejuaraan World Aquatics 2021 ditetapkan untuk 16 Juli-Agustus di Fukuoka, Jepang selatan tampaknya akan menjadi korban pertama dari perubahan itu. “Kami sekarang akan bekerja erat dengan panitia penyelenggara tuan rumah FINA World Championships 2021 di Fukuoka, dengan Federasi Renang Jepang dan dengan otoritas publik Jepang, untuk menentukan fleksibilitas sekitar tanggal kompetisi, jika perlu dan dalam persetujuan dengan IOC,” kata badan renang dunia FINA.

Kejuaraan Atletik Dunia 2021 juga dipastikan akan ditunda setelah penyelenggara mengatakan mereka akan menggeser acara tersebut untuk mengakomodasi Olimpiade yang dijadwalkan ulang. Kejuaraan itu akan diadakan di negara bagian Oregon, Amerika Serikat, 6-15 Agustus.

Kekacauan Jadwal

Dua acara sepak bola besar yang dijadwalkan tahun ini telah dipindahkan ke tahun depan sebelum pengumuman Olimpiade, dengan keputusan pekan lalu untuk menunda setahun Kejuaraan Eropa dan Copa America. Kedua kompetisi kontinental masing-masing akan dimulai pada 11 Juni dan berakhir pada 11 Juli.

Kedua keputusan tersebut menyebabkan FIFA menunda tanpa batas waktu untuk Club World Cup, sementara Kejuaraan Eropa 2021 perempuan di Inggris juga akan dialihkan ke tanggal yang belum dikonfirmasi, karena bentrokan dengan turnamen pria yang dijadwalkan ulang, yang akan berlangsung di 12 negara.

Penundaan Olimpiade, yang menampilkan sepak bola pria dan perempuan berisiko bahwa Piala Euro perempuan tidak dapat dipindahkan ke Agustus dan menjadikannya lebih mungkin bahwa acara tersebut akan dimainkan pada musim panas 2022. Hal ini juga dapat memengaruhi Liga  UEFA 2021 dan CONCACAF'S Gold Cup.

Acara lainnya di tahun 2021 yang menampilkan atlet yang terikat Olimpiade yang akan terkena dampak penundaan Olimpiade Tokyo termasuk kejuaraan tinju dunia di New Delhi, India, kejuaraan Hockey Eropa di Belanda pada bulan Agustus, dan kejuaraan bola basket Eropa pada bulan September.

Penundaan Pertama

Penundaan ini merupakan yang pertama dalam sejarah modern Olimpiade selama 124 tahun, dan juga bisa berdampak pada kompetisi, meskipun tidak akan ada bentrokan jadwal untuk atlet.

Olimpiade ini dinilai sangat berharga bagi dunia penyiaran, karena tempatnya yang unik di kalender mereka. Namun, Olimpiade 2021 sekarang berada di jalur tabrakan dengan acara-acara seperti tur rugby British Lions di Afrika Selatan pada bulan Juli dan Agustus.

Pemain dalam rugby pria dan perempuan juga akan terpengaruh oleh penundaan Olimpiade karena beberapa mungkin berpartisipasi dalam Rugby Sevens di Tokyo. Piala Dunia rugby putri dimulai di Selandia Baru pada 18 September. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
Zuri Hotel
Back to Home