Loading...
INSPIRASI
Penulis: Katherina Tedja 07:07 WIB | Kamis, 23 Juli 2015

Padamkan TV Anda!

Hari tanpa televisi.
Anak dan TV (foto: istimewa)

SATUHARAPAN.COM – Konon, jika sebuah keluarga ingin terjaga kedamaiannya… semua anggota keluarganya perlu memiliki pesawat televisinya masing-masing. Anak-anak tidak perlu berebut remote control, ibu tidak akan mengeluh diam-diam melewatkan sinetron kesayangannya, dan ayah tidak perlu menjadi diktator sesaat: ”Ini waktunya Ayah nonton berita….”

Mau tidak mau kita harus mengakui kegandrungan kita pada layar kaca yang setia membawa berita, hiburan, dan pengetahuan ke rumah kita. Dan mau tidak mau harus kita akui pula acap kali kita terlalu lama berleha-leha di depannya….  Empat jam? Mmm… itu waktu yang lama sekali. Dua jam?  Cukup lumayan…. Satu jam?  Wah… itu sungguh hebat!

Sebenarnya kita semua tahu… Anda dan saya bisa mempergunakan waktu di depan TV untuk banyak hal yang lebih produktif. Olah raga misalnya. Atau… membaca sesuatu yang benar-benar ingin kita ketahui. Membaca sudah pasti membuat kita lebih cepat menyerap pengetahuan ketimbang menonton… ditambah kita dapat mengatur kecepatan kita sendiri!

Dan… ah… saya masih ingin menambahkan banyak hal ke dalam daftar… berbincang-bincang dengan orang-orang yang kita kasihi… menelpon sahabat… berjalan-jalan atau berkendara di sekitar rumah… berkebun… memasak… melakukan perbaikan-perbaikan kecil di sekeliling rumah… mempelajari keterampilan baru… juga menemui teman-teman baru.

Satu lagi... berdoa! Bermeditasi… bersaat teduh… bertafakur… atau apa pun istilahnya di dalam keyakinan Anda. Jika kita percaya akan adanya Sang Khalik… berapa lama kita menghabiskan waktu bersama-Nya. Lima belas menit? Sepuluh menit? Secepat yang kita bisa selama itukah?

Hari ini adalah hari yang tepat untuk memulainya. Hanya menyaksikan tayangan terpilih yang benar-benar kita sukai dan butuhkan, dengan waktu yang telah kita tentukan… Setelah itu padamkan…. Atau sebaiknya tidak usah menyalakannya sekalian….

Karena hari ini... Hari Tanpa TV!

 

Editor: ymindrasmoro

Email: inpirasi@satuharapan.com


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home