Loading...
SAINS
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 21:21 WIB | Kamis, 07 Agustus 2014

Para Menteri Iptek ASEAN akan Hadiri ASTW

Para menteri bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) ASEAN direncanakan hadir dalam rangkaian ASEAN Science and Technology Week (ASTW) ke-9 yang digelar di Bogor, Jawa Barat. (Foto:astw2014.ristek.go.id)

 JAKARTA, SATUHARAPAN.COM ‒ Para menteri bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) ASEAN direncanakan hadir dalam rangkaian ASEAN Science and Technology Week (ASTW) ke-9 yang digelar di Bogor, Jawa Barat.

"Niat kita ingin membuat ASTW seperti Java Jazz yang mendunia. Kita ingin Iptek juga dikenal baik oleh masyarakat," kata Asisten Deputi (Asdep) Jaringan Iptek Internasional Kementerian Riset dan Teknologi (Kemristek) Nada Darmiyanti dalam keterangan pers di Jakarta, Kamis (7/8).

Ia mengatakan melalui ASTW ini penggalangan kerja sama di tingkat internasional turut digalakkan untuk memajukan riset-riset berkualitas di tingkat regional. 

ASTW ke-9, menurut dia, akan diisi 15 macam aktivitas, mulai dari 4th ASEAN Science Congress and Conference (18--19 Agustus), tiga ASEAN Flagships Workshops (OSS, EWS-DRR, Biofuel) pada 20 Agustus, South East Asia--Europe Union (EU)-- NET Bibliometrics WS (20 Agustus), dan Sustain EU--ASEAN Environment Research (20 Agustus).

Selain itu ada pertemuan ABAPAST, ABASF, dan INASAT pada 21 Agustus yang dilanjutkan dengan The 68th ASEAN COST Meeting pada 22 Agustus. Pertemuan lain yakni ASEAN COST+ Dialogue Partners (23--24 Agustus), ASEAN STI Exhibition (22--25 Agustus), 8 Informal ASEAN Ministerial Meeting on S&T (8IAMMST) pada 25 Agustus, dan ASEAN ST Awards pada acara Ministerial Gala Dinner.

"Di ASTW juga ada eksibisi, mereka (peneliti-peneliti dari ASEAN) juga membawa hasil-hasil penelitian dan teknologi mereka untuk dipamerkan," ujar Nada 

Latar belakang diadakan acara ASTW salah satu alasannya, menurut dia, karena ASEAN Community yang segera berlaku akhir 2014. Selain juga berpegang dengan tiga pilar kerja sama ASEAN yakni keamanan, politik, ekonomi, dan budaya.

"Kebetulan Iptek masuknya ke dalam pilar ekonomi dan budaya ASEAN," ujar dia.

ASTW ke-9 digelar di Bogor, Jawa Barat, dari 18 hingga 27 Agustus 2014. Kegiatan ini, lanjutnya, masih menjadi bagian dari rangkaian perayaan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional yang diperingati setiap 10 Agustus. (Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home