Loading...
DUNIA
Penulis: Ardy Pradana Putra 16:08 WIB | Kamis, 30 Oktober 2014

Partai Sekuler Menangi Pemilu Tunisia

Lembaga penyelenggara pemilu Tunisa memastikan kemenangan partai sekuler pada hari Kamis (30/10). Pemilu legislatif Tunisia diselenggarakan hari Minggu (26/10). (Foto: alarabiya.net)

TUNIS, SATUHARAPAN.COM - Partai Nidaa Tounes yang berhaluan sekuler dipastikan memenangi pemilu legislatif Tunisia mengalahkan Partai Ennahda yang berhaluan Islamis, menurut hasil sementara pemilu yang dirilis Kamis (30/10).

Nidaa Tounes mendapat 85 dari 217 kursi parlemen dalam pemilu yang diselenggarakan Minggu (26/10), sementara Ennahda mendapat 69 kursi, kata lembaga pelaksana pemilu Tunisia.

Tunisia mengadakan pemilihan legislatif yang merupakan langkah terakhir untuk menuju negara demokrasi pertama di Afrika Utara setelah penggulingan Presiden Zine El Abidine Ben Ali.

Ennahda, gerakan Islam yang mengamankan kekuasaan Tunisia setelah Musim Semi Arab, mengakui kekalahannya dalam pemilu pada Senin (27/10).

Tunisia merupakan salah satu negara Arab paling sekuler, negara itu dipuji karena berhasil melakukan kompromi politik, dengan mengatasi krisis antara gerakan sekuler dan Islamis dan menyetujui konstitusi baru yang memungkinkan pemilu digelar tahun ini.

Nidaa Tounes yang menjadi mayoritas di parlemen, akan membentuk koalisi dengan mitra partai yang terwujud sebelum pemerintah baru dibentuk.

Partai sekuler lainnya, UNL mendapat 16 kursi, Popular Front Movement yang berhaluan kiri mendapat 15 kursi dan Partai liberal Afek Tounes mendapat 8 kursi. (alarabiya.net)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home