Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:09 WIB | Selasa, 17 Desember 2013

Patung Nelson Mandela Menggantikan Patung Hertzog

Patung Nelson Mandela Menggantikan Patung Hertzog
Patung Nelson Mandela di Union Buildings, Pretoria. (Foto-foto: mg.co.za)
Patung Nelson Mandela Menggantikan Patung Hertzog
Patung lama dari sosok mantan PM Afsel (1924 -1939), Barry Hertzog.

PRETORIA, SATUHARAPAN.COM - Sebuah patung  berlapis perunggu yang menggambarkan sosok Nelson Mandela berdiri di depan Union Buildings di Pretoria, Afrika Selatan. Mulai hari Senin (16/12), setelah bertahun-tahun di tempat itu dihiasi patung mantan Perdana Menteri Afsel, James Barry Hertzog, akan dihiasi patung Mandela yang tersenyum dan merentangkan tangan.

Patung Hertzog itu dipindahkan dan diganti patung Mandela setelah konsultasi menyeluruh, kata  Presiden Afsel, Jacob Zuma. Hertzog adalam PM Afsel kulit putih yang memimpin pemerintah pada kurun 1924-1939. Zuma menyatakan terima kasih kepada keluarga Hertzog "untuk pemahaman dan kerjasama.”

Patung Madiba menjulang  setinggi sembilan meter, wajahnya tersenyum, matanya melihat keluar dan ke atas, dan tangan terentang seperti siap untuk merangkul kota Pretoria.

Patung itu adalah karya pematung Afrika Selatan, Andre Prinsloo dan Ruhan Janse van Vuuren. Dan dibuat untuk pengingat bagi bangsa itu dalam mempertahankan nilai-nilai Madiba tentang kesatuan, rekonsiliasi, kasih sayang dan filosofi ubuntu (kebersamaan).

Mandela meninggal di rumahnya di Houghton, Johannesburg, dalam usia 95 tahun pada Kamis (5/12) lalu. Dia dimakamkan di Desa Qunu, tempat dia menghabiskan masa kecilnya pada Minggu (15/12).

Dia adalah tokoh kemerdekaan bagi rakyat kulit hitam Afrika Selatan, rekonsiliasi dan presiden pertama berkulit hitam melalui pemilihan yang demokratis. Perjuangannya dilakukan untuk melawan politik perbedaan ras, apartheid, dan dia harus mendekam di pejara selama 27 tahun. (mg.co.za)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home