Loading...
DUNIA
Penulis: Francisca Christy Rosana 10:00 WIB | Jumat, 03 Oktober 2014

Pemimpin Boko Haram Masih Hidup

Dalam video baru, Abubakar Shekau mengatakan Syariah sedang diimplementasikan di wilayah Boko Haram. (Foto: AFP)

ABUJA, SATUHARAPAN.COM – Pemimpin kelompok Islam Boko Haram Nigeria menyangkal dugaan militer bahwa dia telah meninggal. Hal itu tergambar dalam sebuah Screengrab yang diambil pada Kamis (2/10) dari video yang dirilis kelompok ekstremis Islam Nigeria Boko Haram.

Video itu berisi rekaman pemimpin kelompok Islam Nigeria Boko Haram, Abubakar Shekau, yang berdiri di belakang sebuah truk pick-up dan menembakkan peluru ke udara. Dalam video tersebut, Abubakar Shekau mengatakan kelompoknya telah menembak jatuh sebuah jet milik angkatan udara yang hilang tiga minggu lalu.

Pekan lalu, militer mengklaim orang yang mengaku sebagai pemimpin dalam video Boko Haram itu telah tewas. Namun, Ahmad Salkida, wartawan dari Nigeria yang memiliki hubungan baik dengan Boko Haram, mengatakan di akun Twitter-nya minggu lalu bahwa Shekau masih hidup dan dalam keadaan baik.  

Peristiwa itu membuat kredibilitas militer Nigeria dipertanyakan oleh masyarakat. Hal itu semakin diperparah ketika daerah Konduga, dekat Maiduguri, ibu kota Negara Bagian Borno, jatuh ke tangan para jihadis. Masyarakat menjadi sulit percaya terhadap informasi yang datang dari militer Nigeria.

Ribuan orang telah meninggal selama Boko Haram melancarkan aksi pemberontakannya dalam lima tahun terakhir di tiga negara bagian. Pada Agustus lalu, Boko Haram mendeklarasikan bahwa negara Islam berada di wilayah yang dikendalikannya.  

Boko Haram yang berarti "pendidikan Barat dilarang" dalam bahasa Arab itu telah menyerang sekolah-sekolah dan perguruan tinggi, yang menjadi simbol budaya Barat. Mereka telah menawan lebih dari 200 siswi dari sebuah asrama. Hal itu memicu kemarahan global. (bbc.com)

 

Artikel terkait Boko Haram bisa Anda baca di:

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home