Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 20:25 WIB | Kamis, 18 Desember 2014

Penjara Terbesar Filipina Seperti “Hotel Bintang Lima”

Sistem pidana Filipina telah diguncang oleh napi yang menyuap para penjaga. (Foto: AFP)

MINTINLUPA, SATUHARAPAN.COM – Penjara terbesar Filipina pada Senin, (15/12) dikejutkan dengan pemandangan di dalam sel penjara yang dihuni para bandar narkoba yang “hidup seperti raja”.

Sel yang terlihat seperti kamar hotel bintang lima, lengkap dengan bar dan panggung penari striptis itu bahkan terdapat boneka seks di dalamnya, kata Menteri Kehakiman Filipina, Leila de Lima.

De Lima, mengatakan bahwa polisi menemukan uang tunai, sabu, boneka seks, panggung striptis dan musik, bar dan jacuzzi di sekitar 20 sel penjara yang ber AC tersebut. Sel-sel itu berlantaikan marmer dan ada air panas di kamar mandinya. Napi juga bisa menggunakan ponsel dan komputer dengan bebas.

Pemandangan tersebut terungkap dalam pemeriksaan mendadak yang dilakukan di penjara Bilibid di kota Muntinlupa.

Polisi setempat mengatakan panggung itu untuk penari striptis yang diselundupkan ke dalam penjara. Sebuah bra biru cerah dengan bulu juga ditemukan tergantung di samping panggung bar.

Di sel lainnya bahkan memiliki panggung musik yang dilengkapi dengan televisi layar datar, drum set, gitar dan keyboard. Di panggung musik ini diduga para napi sempat membuat sebuah video musik yang diunggah di Youtube.

Dalam sel yang berbeda, juga terlihat berjejer merek minuman whisky mahal, dan di sel lainnya terdapat brankas berisikan banyak jam tangan mewah dan tumpukan uang dollar, kata polisi setempat.

Kasus narapidana kaya yang menyuap petugas penjara dan membangun sel seperti layaknya hotel, atau bahkan sempat meninggalkan sel untuk bepergian, telah muncul secara terbuka berulang kali selama bertahun-tahun.

Korupsi di pemerintahan Filipina telah membuat kesenjangan yang lebar antara yang kaya dan miskin. Sebagian besar narapidana yang justru memiliki kesalahan ringan, malah hidup di sel yang penuh sesak dan kumuh, seperti dilansir Daily Mail, Senin, (15/12). (Dailymail.co.uk)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home