Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Moh. Jauhar al-Hakimi 00:23 WIB | Sabtu, 07 Oktober 2017

Perupa Kulonprogo Gelar Pameran "Disinilain"

Ilustrasi poster pameran "Disinilain" di Alun-alun Kota Wates, Kulonprogo, 8-14 Oktober 2017. (Foto: Kelompok seni Kesini@n)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Kelompok perupa Kesini@n yang keseluruhan anggotanya bekerja dan tinggal di Kabupaten Kulonprogo akan menggelar pameran seni seni intsalasi "Disinilain". Selama tujuh hari, karya seni instalasi dipamerkan di ruang publik ALun-alun Kota Watse-Kulonprogo.

Dalam rilis yang diterima satuharapan.com, nara-hubung Yaksa Agus menjelaskan bahwa kelompok perupa Kesini@n mulai aktif di tahun 2009 lewat pameran "Wajah-wajah 2009". Seluruh anggota Kesini@n bekerja dan tinggal di Kulon Progo. Sebagai perupa, mereka menjadi bagian yang menyatu dengan kehidupan warga, baik sebagai anggota warga, kepala dukuh, guru, maupun posisi kemasyarakatan yang lain. Aktivitas seni yang mereka lakukan, terkadang menjadi salah satu sarana untuk hadir di tengah warga, seperti membuat elemen seni untuk acara kemasyarakatan, mendukung pementasan seni, dan sebagainya. 

Pengalaman hadir di tengah warga ini menjadi kekuatan mereka dalam menghadirkan persoalan-persoalan kontekstual lewat larya seni rupa. Di luar aktivitas itu, anggota kelompok perupa Kesini@n tetap menggunakan jalan seni rupa sebagai salah satu ruang aktualisasi diri. Kesini@n aktif mengikuti dan menyelenggarakan acara-acara seni rupa baik secara kolektif maupun secara individu. 

Karya yang disajikan di ruang publik Alun-alun Wates Kulon Progo menggambarkan salah satu posisi yang diambil oleh Kesini@an untuk hadir di tengah masyarakatnya.

Tema "Disinilain", yang secara pengucapan mirip dengan Disneyland digunakan untuk membayangkan dampak era keterbukaan ekonomi yang makin terasa nyata di Kulon Progo. Kulon Progo yang semula adalah “bagian belakang” wilayah DIY, kini menjadi semacam “pintu gerbang” yang niscaya akan mengalami pertemuan-pertemuan dengan intensitas yang semakin tinggi dengan bermacam manusia, budaya, investasi, teknologi, hiburan, dan pengetahuan dari bermacam penjuru dunia.

Pameran yang berlangsung 8-14 Oktober akan dibuka oleh  GBPH. Yudaningrat pada Minggu (8/10) malam di Alun-alun Wates.

 

Back to Home