Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Ignatius Dwiana 07:32 WIB | Minggu, 27 Oktober 2013

Peziarah: Pameran Lukisan dan Peluncuran Buku karya Andi Suandi

Peziarah: Pameran Lukisan dan Peluncuran Buku karya Andi Suandi
Andi Suandi bersama karya lukisannya. (Foto Ignatius Dwiana)
Peziarah: Pameran Lukisan dan Peluncuran Buku karya Andi Suandi
Pembacaan puisi di pembukaan acara pameran lukisan dan peluncuran buku.
Peziarah: Pameran Lukisan dan Peluncuran Buku karya Andi Suandi
Suasana pameran lukisan.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Peziarah yaitu manusia yang melakukan perjalanan ziarah. Setiap manusia pasti menjadi pelaku itu dalam perjalanan hidupnya. Di dalam perjalanan itu manusia dibimbing cahaya dalam dirinya yang disebut roh. Tema ‘Peziarah’ ini yang diangkat menjadi tema pameran lukisan Andi Suandi. Sekaligus pula ini ajang peluncuran buku kumpulan puisinya yang berjudul sama dengan tema pameran lukisannya.

Tema ‘Peziarah’ dituangkan di atas kanvas dengan pilihan warna gelap dan terang. Ada hitam maupun putih.

“Itu sebenarnya yin yang. Ada yang baik, ada yang buruk, selalu dua kata berlawanan. Sisi kehidupan ‘kan gitu,” kata Andi Suandi.

Tetapi yang tertuang di atas kanvas tidak ada yang putih semua atau hitam semua. Menurut Andi Suandi itu unsur warna-warna archais.  

Delapan belas karya lukisannya diakui berangkat dari intuisi. Pelukis asal China, Zao Wou-Ki, merupakan seorang yang menginspirasinya.

Di atas kertas, Andi Suandi menorehkan puisinya. Dia mengaku puisi yang termuat dalam bukunya itu sebenarnya adalah doa-doanya. Ada 160 karya termuat dalam buku antologi puisinya. Karya itu merupakan kumpulan puisi yang digarapnya sejak tahun 2005 hingga 2013. Buku itu adalah karya keduanya yang diterbitkan.

“Puisi itu sesuai proses perjalanan spirit saya,” aku Andi Suandi.

Pameran lukisan Andi Suandi yang kesebelas ini yang mengambil tema ‘Peziarah’ dapat dinikmati di Cemara 6 Galeri Jakarta dari 24 Oktober hingga 7 November 2013.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home