Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 10:39 WIB | Kamis, 07 Agustus 2014

Piala Dunia Putri U-20: Prancis Gilas Kosta Rika 5-1

Piala Dunia Putri U-20: Prancis Gilas Kosta Rika 5-1
Pemain sayap kiri Prancis, Charlene Gorce (kaus putih) hendak merebut bola yang sedang dikuasai Noel Sanz (kaus merah, Kosta Rika), pada partai Piala Dunia putri U-20 2014. (Foto-foto: fifa.com).
Piala Dunia Putri U-20: Prancis Gilas Kosta Rika 5-1
Pemain Inggris Bethany Maid (kaus putih, paling kiri) berusaha mencetak gol ke gawang Korsel akan tetapi dihadang Ha Eun Hye, pada partai Piala Dunia putri U-20 2014. (kaus merah).

MONTREAL, SATUHARAPAN.COM – Tim nasional putri usia di bawah 20 tahun (U-20) Prancis unggul telak 5-1 atas Kosta Rika pada partai perdana Grup D FIFA U-20 Women's World Cup Canada 2014, pada partai yang berlangsung di Stadion Olimpiade Montreal, Kanada, Kamis (7/8) pagi WIB.   

Prancis menempati urutan teratas grup dengan nilai 3, raihan poin tersebut sama dengan Selandia Baru yang ada di posisi kedua, akan tetapi Prancis lebih unggul selisih gol yang lebih baik atas para pemain putri negeri Kiwi tersebut yang di saat bersamaan unggul 2-0 atas Paraguay.

Prancis unggul menit ketujuh saat sayap kiri Faustine Robert yang menggiring bola mendekati kotak penalti sempat menendang bola ke arah gawang Kosta Rika tetapi langkah Robert dihadang penjaga gawang Kosta Rika, Noelia Bermudez sehingga wasit Qin Liang yang memimpin pertandingan memberi tendangan penalti bagi Prancis, beberapa saat kemudian Claire Lavogez sukses mengeksekusi penalti sehingga negeri Menara Eiffel unggul 1-0.   

Prancis, menurut laman resmi FIFA termasuk negara favorit di turnamen bagi pesepak bola putri usia di bawah 20 tahun ini karena pelatih tim nasional Prancis, Gilles Eyquem pernah membawa tim nasional Putri Prancis usia di bawah 17 tahun (U-17) juara pada Piala Dunia Putri U-17 yang berlangsung pada 2012. Selain itu Eyquem juga menorehkan prestasi lainnya yakni dengan membawa kesebelasan putri Prancis usia di bawah 19 tahun (U-19) juara Piala Eropa U-19 tahun lalu.

Gol kedua Prancis lahir menit ke-18 dari akselerasi gelandang serang Kadidiatou Diani yang merangsek dengan menggiring bola dari sisi kanan menuju kotak penalti, dan berhasil mengecoh pengawalan Yesmi Rodriguez dan Noella Sanz di lini belakang Kosta Rika. Diani berhasil mengalirkan bola ke tengah kotak penalti, bola tersebut kemudian dimanfaatkan Faustine Robert yang mencetak gol kedua Prancis.        

Negeri Menara Eiffel ini di babak pertama menutup keunggulan menjadi 4-0, gol ketiga terjadi menit ke-22 setelah salah seorang bek Kosta Rika, Fabiola Villalobos salah mengantisipasi bola sundulan Faustine Robert yang sebelumnya mendapat umpan tendangan pojok dari Claire Lavogez. Gol terakhir di babak pertama tercipta oleh Lavogez menit ke-38.

Babak kedua Prancis terlihat masih bersemangat menekan pertahanan lawan, dan hasilnya Ouleymata Sarr mencetak gol kelima Prancis menit ke-53 setelah memanfaatkan kemelut di kotak penalti Kosta Rika. Gol terjadi dari bola yang disodorkan Claire Lavogez yang berhasil mengecoh beberapa pemain belakang Kosta Rika.  

Bola yang ditendang Sarr sempat ditepis penjaga gawang Noelia Bermudez, akan tetapi tangkapan penjaga gawang tersebut tidak lengket sehingga bola masih bergulir ke arah Sarr yang kemudian menempatkan bola masuk ke gawang dengan akurat.

Kosta Rika akhirnya memperkecil kekalahan menjadi 1-5 setelah pada menit ke-90, Melisa Herrera berhasil lepas dari pengawalan para pemain bertahan Prancis, Aissatou Tounkara dan Mbock Bathy.

Prancis selanjutnya akan menghadapi Selandia Baru pada partai kedua yang akan berlangsung Minggu (10/8) dini hari WIB. Sementara Kosta Rika akan menjajal kekuatan Paraguay.

Grup C, Empat Negara Berbagi Angka Sama

Sementara pada saat yang bersamaan di Grup C Inggris, Korea Selatan, Meksiko, dan Nigeria berbagi angka sama 1 di klasemen sementara. Inggris bermain imbang 1-1 dengan Korea Selatan. Gol Inggris dicetak Martha Harris menit ke-68, sedangkan gol Korea dicetak Lee Sodam menit ke-15 dari titik penalti. Sementara Meksiko juga harus puas mengakhiri pertandingan dengan Nigeria dengan skor identik.

Susunan Pemain:

Prancis: Solene Durand, Eve Perisset, Charlene Gorce, Aissatou Tounkara, Griedge Mbock Bathy, Aminata Diallo, Kadidiatou Diani, Sandie Toletti, Ouleymata Sarr, Claire Lavogez, Faustine Robert.

Kosta Rika: Noelia Bermudez, Yesmi Rodriguez, Noelle Sanz, Viviana Chinchilla, Fabiola Villalobos, Marissa Herrera, Mariana Benavides, Michelle Montero, Gloriana Villalobos, Jazmin Elizondo, Krista Chavarria. (fifa.com)      

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home