Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:39 WIB | Selasa, 12 April 2016

PM Turki: Insya Allah Suatu Hari Damaskus Dibebaskan

PM Turki, Ahmed Davutoglu, dalam kunjungan ke Sanliurfa di dekat perbatasan dengan Suriah, hari Senin (11/4). (Foto: dari Hurriyet.)

SANLIURFA, SATUHARAPAN.COM -  Perdana Menteri Turki, Ahmet Davutoglu, kembali mengatakan dia percaya bahwa kota Aleppo, Raqa, Homs dan Damaskus di Suriah satu hari akan dibebaskan.

"Suatu hari, Insya Allah, Aleppo, Raqa, Homs dan Damaskus akan bebas," kata Davutoglu hari Senin (11/4) dalam sebuah pidato di Provinsi Sanliurfa, di tenggara Turki, seperti dikutip kantoe berita Turki, Anadoli.

Davudoglu juga memimpin rapat kabinet di wilayah itu,yang berbatasan dengan Suriah yang tengah dilanda perang saudara selama lima tahun lebih.

Kota Aleppo, Homs dan Damaskus semua di bawah kendali rezim Bashar Al-Assad, sementara Raqa dikuasai dan dijadikan ibu kota de facto kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Davutoglu juga menghadiri upacara memperingati 96 tahun pembebasan Sanliurfa dari invasi musuh.  

Dia juga mengatakan bahwa alasan mengapa saat ini ada "darah dan air mata" di Aleppo, Raqa, Hasakah, Deir Ezzor dan Homs... adalah karena mereka tidak bisa hidup "mencinta kemerdekaan mereka 100 tahun yang lalu," kata dia

‘’Tapi kemerdekaan kota ini (Sanlıurfa) tidak pernah rusak hubungannya," kata Davutoglu. Sanliurfa saat ini menampung 520.000 pengungsi Suriah.

Di Turki ada sekitar 2,7 juta pengungsi Suriah, karena perang sipil di negara mereka lebih dari lima tahun dan mendorong migrasi ke negara ini hingga lebih dati tigajuta orang.

Namun demikian hanya sekitar 250.000 migran di Turki yang tinggal di kamp-kamp pengungsi, sisanya tinggal di luar kamp.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home