Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 18:20 WIB | Rabu, 02 Juli 2014

Prediksi Piala Dunia 2014: Prancis vs Jerman

Perempat Final Piala Dunia 2014: Prancis vs Jerman. (Foto: fifa.com)

SATUHARAPAN.COM – Prancis akan menjajal kekuatan panser Jerman pada pertandingan Perempat Final Piala Dunia 2014 yang akan disajikan dari Estadio do Maracana, Rio de Janeiro, Brasil, pada Jumat (4/7), pukul 23.00 WIB.

Bila melihat dari rekor pertemuan kedua kesebelasan, Prancis lebih unggul dengan berhasil memetik 11 kemenangan dari 25 pertandingan yang mempertemukan mereka dengan Jerman. Sementara Der Panzer-julukan tim sepak bola Jerman, hanya sukses menekuk tim berjuluk Ayam Jantan itu sebanyak delapan kali. Sisanya, laga mereka berakhir imbang.

Meskipun berhasil memetik kemenangan lebih banyak, torehan gol Prancis ke jala Jerman lebih sedikit. Negara yang beribu kota di Paris ini hanya berhasil mengoyak gawang Der Panzer 41 kali, sementara Jerman sukses menorehkan 42 gol ke gawang Ayam Jantan.

Dua Pertemuan Terakhir

Melirik dari dua pertemuan terakhir kedua tim, baik Prancis ataupun Jerman sama-sama meraih satu kemenangan. Bejumpa dalam laga bertajuk persahabatan pada 29 Februari 2012, saat itu Ayam Jantan berhasil unggul lewat gol Oliver Giroud dan Florent Malouda, sementara gol Jerman dihasilkan oleh Cacau du ujung laga.

Setahun berselang, 6 Februari 2013, Der Panzer berhasil membalik keadaan, dari tertinggal lebih dulu lewat gol Mathieu Valbuena dengan membalas melalui torehan Thomas Mueller dan Sami Khedira. Jerman menang 2-1.

Prancis Perbaiki Evra

Kedua kesebelasan kini tengah memiliki komposisi skuat terbaik, materi pemain tua dan muda menampilkan keseimbangan dalam sisi kepemimpinan dan determinasi guna meraih kemenangan.

Di barisan tim Negeri Menara Eiffel, kematangan Evra yang telah mencicipi berbagai kompetisi akan dipertaruhkan untuk mengawal sisi kiri pertahanan dari pergerakan Mesut Oezil.  Pada pertandingan menghadapi Swiss, salah satu gol yang lahir ke gawang tim besutan Deschamps ini lahir dari kelalaian Evra dalam melakukan jebakan off-side. Saat itu, Xhaka berhasil lepas dari pengawalan Evra, dan menaklukan Lloris.

Lini tengah menjadi kekuatan bagi Prancis, terdapat nama rising star Paul Pogba. Gelandang nan merumput bersama Juventus ini baik dalam bertahan ataupun membantu serangan, ia telah mencetak satu gol bagi Prancis di Piala Dunia 2014.

Di garda terdepan, Prancis diprediksi tetap mengandalkan pemain Real Madrid, Benzema dengan tandemnya Oliver Giroud. Meskipun di atas kertas Prancis bermain dengan formasi 4-5-1, namun pada kenyataannya, Benzema akan didorong untuk menjadi penyerang bayangan Giroud. Pemain bernomor punggung sepuluh ini akan menyisir sisi kanan pertahanan sambil sesekali muncul di area penalti Jerman.

False Nine ala Jerman

Dari kubu Der Panzer, kemungkinan tidak hadirnya Hummels di lini pertahanan akan menjadi permasalahan tersendiri bagi Joachim Loew, terlebih dalam pertandingan 16 besar kemarin, Jerman kembali kehilangan pemain belakangnya akibat Cedera. Mustafi terpaksa ditarik keluar saat laga memasuki menit 70.

Dengan keadaan seperti ini, Joachim Loew diprediksi akan menarik Lahm ke posisi bek sayap dan memasukan nama Khedira untuk mengisi posisi yang ditinggal pemain Bayern Muenchen tersebut.

Kehilangan Hummels sangat berdampak bagi lini pertahanan Jerman, terbukti dalam pertandingan kontra Aljazair kemarin, Boateng yang terbiasa bermain di sisi sayap bersama klubnya, acap kali lupa posisi saat dikembalikan ke posisi bek tengah nan lama ditinggalkannya.

Bergeser ke lini tengah, penampilan kurang impresif Khedira di Piala Dunia 2014 sepertinya cukup menjadi masalah. Seharusnya, sebagai gelandang bertahan ia menjadi penghalang pertama bola tembus ke lini belakang. Namun pada beberapa pertandingan, ia justru menjadi penyebab mudahnya lawan melaancarkan serangan balik.

Bermain dengan formasi false nine-tanpa penyerang tipikal bomber, serangan Jerman bertumpu pada kemampuan Kroos, Oezil, dan Goetze, guna membuka ruang di pertahanan lawan. Bila mereka bermain di bawah peformanya, maka dapat dipastika Jerman kesulitan melahirkan gol.

Jangan lupakan juga nama Mueller, pemain yang telah menorehkan empat gol di Piala Dunia 2014 ini, memiliki kemampuan bagus dalam menggiring, mengumpan, dan tentunya merobek jala lawan.

Perkiraan Susunan Pemain (Prancis vs Jerman)

Prancis (4-5-1): Lloris (penjaga gawang), Debuchy, Evra, Koscielny, Varane, Cabaye, Matuidi, Pogba, Giroud, Benzema, Valbuena

Pelatih: Didier Deschamps (Prancis)

Jerman (4-3-2-1): Neuer (penjaga gawang), Boateng, Hoewedes, Mertesacker, Lahm, Khedira, Schweinsteiger, Oezil, Kroos, Goetze, Mueller

Pelatih: Joachim Loew (Jerman)

Prediksi SatuHarapan.com: Prancis 2-1 Jerman

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home