Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 06:16 WIB | Senin, 11 Mei 2015

Presiden Harap Jaringan Pita Lebar Solusi Perekonomian Indonesia Timur

Presiden Jokowi saat menggelar acara di Istana Kepresidenan, Jakarta. (Foto: setkab.go.id).

MANOKWARI, SATUHARAPAN.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan perekonomian wilayah Indonesia bagian Timur terbantu dengan hadirnya jaringan tulang punggung pita lebar (broadband) serat optik Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS).  

“Dengan kehadiran infrastruktur tulang punggung serat optik SMPCS dari Telkom bisa membuat sistem e-Government (e-Gov), e-Commerce dan semua terkait ekonomi dari Indonesia barat, tengah hingga timur, bisa dikembangkan secara setara dengan manajemen kontrol yang jelas,” kata Presiden Jokowi pada peresemian pengoperasian broadband serat optik SMPCS, di Manokwari, Papua Barat, Minggu (10/5).

Tidak hanya untuk kepentingan pemerintah daerah, akan tetapi Presiden berharap seluruh masyarakat dapat menikmati layanan internet berkualitas.

SMPCS merupakan pembangunan jaringan serat optik yang menjangkau delapan propinsi dan 34 kabupaten di Kawasan Timur Indonesia. Propinsi yang dijangkau meliputi Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Nusa Tenggara Timur, Papua Barat dan Papua.

Investasi yang dikeluarkan Telkom mencapai Rp 3,6 triliun, untuk membangun infrastruktur yang terdiri dari dua paket yaitu paket 1 sepanjang 5.617 km dan paket 2 sepanjang 3.155 km.

Sementara itu, Direktur Utama Telkom Alex J Sinaga menjelaskan pembangunan infrastruktur ini bertujuan memperluas konektivitas dan meningkatkan kapasitas layanan data di daerah-daerah yang selama ini belum dilayani secara memadai.

SMPCS merupakan bagian dari Id-Ring, salah satu komponen Indonesia Digital Network yang menjadi satu dari tiga program utama perusahaan pada tahun 2015.

Melalui IDN, Telkom ingin mengembangkan bisnis digital karena Telkom menyadari untuk menjadi "The King of Digital", pembangunan infrastruktur dan penyediaan konektivitas adalah hal yang sangat penting. Untuk itu melalui tiga komponen IDN yaitu Id Access, Id Ring dan Id Con, Telkom akan menghadirkan digitalisasi di Indonesia.  (Ant).

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home