Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 11:26 WIB | Rabu, 01 April 2015

Presiden Jonathan Legowo Kalah dalam Pemilu Nigeria

Presiden Jonathan Legowo Kalah dalam Pemilu Nigeria
Muhammadu Buhari sebelumnya pernah lolos dari percobaan pembunuhan oleh Boko Haram. (Foto: AFP)
Presiden Jonathan Legowo Kalah dalam Pemilu Nigeria
Warga Nigeria merayakan kemenangan Buhari. (Foto: Reuters)

ABUJA, SATUHARAPAN.COM - Mantan penguasa militer Muhammadu Buhari menjadi kandidat oposisi pertama yang memenangkan pemilihan presiden Nigeria.

Presiden Goodluck Jonathan menelepon Jenderal Buhari, 72, pada Selasa (31/3) malam untuk mengucapkan selamat dan mengaku kalah.

Penghitungan suara tidak resmi menempatkan Buhari unggul lebih dari dua juta suara dibandingkan Jonathan.

Para pengamat umumnya memuji pemilu Nigeria tersebut, meskipun terdapat dugaan kecurangan.

"Saya menjanjikan pemilu yang bebas dan adil bagi negara ini. Saya telah menepati janji saya," kata Jonathan dalam sebuah pernyataan.

Lebih lanjut Jonathan mengatakan ia telah menyampaikan "selamat" kepada Buhari, dan mendesak "orang-orang yang mungkin merasa kecewa untuk mengikuti proses hukum ... untuk menyelesaikan keberatan-keberatan."

Seorang juru bicara untuk partai Buhari, Kongres Progresif (APC), memuji Jonathan dengan mengatakan, "Dia akan tetap menjadi pahlawan untuk langkah yang telah dia ambil di negeri ini. Ketegangan akan turun drastis."

Sementara itu, pendukung Buhari turun ke jalan di wilayah APC, termasuk di kota Kano dan Kaduna.

Warga menyanyi dan menari untuk merayakan hasil pemilu.

Profil Muhammadu Buhari

Muhammadu Buhari merupakan mantan penguasa militer Nigeria. Dia adalah seorang Muslim dari utara negara itu dan dipandang sebagai penantang utama Goodluck Jonathan, seorang Kristen dari selatan.

Mantan pemimpin, yang memerintah dari Desember 1983 sampai Agustus 1985, juga memiliki reputasi sebagai tokoh anti-korupsi sengit, setelah ia memenjarakan ratusan politisi, pejabat dan pengusaha selama pemerintahannya.

Lahir pada bulan Desember 1942, dalam pemilu kali ini, dia adalah calon presiden tertua negara itu. Setelah bergabung dengan militer, Buhari masuk politik pada tahun 1976 sebagai menteri di bawah Olusegun Obasanjo, mantan penguasa militer. Ia memilih untuk memimpin negara oleh perwira militer setelah kudeta pada tahun 1983 hampir.

Pemerintahannya ditandai dengan langkah-langkah penghematan yang ketat, memenjarakan politisi atas tuduhan korupsi , mengeksekusi pengedar narkoba dan perampok bersenjata. Beberapa pihak mengkritik bahwa tindakannya tersebut melanggar hak asasi manusia dan sewenang-wenang, tetapi yang lain mengatakan itu membantu memerangi korupsi di Nigeria.

Namun, pada bulan Agustus tahun 1985, Buhari digulingkan dalam kudeta lain yang dipimpin oleh umum Ibrahim Babangida, dan dipenjara selama 40 bulan.

Sejak itu ia tetap aktif dalam politik tetapi tidak berhasil mencalonkan diri sebagai presiden dalam pemilu 2003 dan 2007.

Orang-orang Kristen di selatan mencurigai dia dengan  tuduhan bahwa ia memiliki aliran Islam radikal.

Tapi tahun ini dia bisa mendapatkan manfaat dari divisi regional, dengan banyak Muslim marah dengan kampanye Jonathan, yang memecah perjanjian dalam partai yang berkuasa yang mengatakan presiden harus memutar calon antara utara dan selatan.

Reputasi Buhari di mata rakyat bahwa dia adalah seseorang yang memiliki rasa disiplin dan banyak yang mengatakan bahwa ia lebih bersih daripada elit politik lain. (bbc.com/Aljazeera)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home