Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 23:17 WIB | Senin, 03 Agustus 2015

Presiden Ukraina Tuduh Putin Ingin Kuasai Eropa

Penduduk kota Avdiivka di wilayah Donetsk yang dikuasai pasukan Ukraina memadamkan api di rumah mereka saat penembakan mortir oleh separatis pro-Rusia pada 22 Juli 2015. (Foto: AFP)

PARIS, SATUHARAPAN.COM - Presiden Ukraina Petro Poroshenko pada hari Senin (3/8) menuduh Presiden Rusia Vladimir Putin ingin mengambil alih “seluruh Eropa” dan kemungkinan mengincar Finlandia dan negara-negara Baltik sebagai target berikutnya.

“Putin ingin terus menguasai wilayah sejauh yang kita biarkan – tidak hanya Ukraina, tapi seluruh Eropa,” kata Poroshenko dalam sebuah wawancara dengan stasiun radio Prancis RFI.

“Jika Anda bertanya kepada saya dua tahun lalu, saya akan menjawab itu tidak mungkin karena seluruh sistem keamanan pascaperang tidak akan membiarkannya,” katanya.

“Namun jika Anda bertanya kepada saya hari ini... sayangnya semuanya mungkin karena aneksasi Crimea dan wilayah timur Ukraina... menunjukkan kita bisa melanggar sistem keamanan global.”

Dia mengatakan perang yang masih berlangsung dengan pemberontak yang didukung Rusia di Ukraina timur harus dilihat sebagai perang bagi seluruh Eropa.

“Apakah serangan terhadap Finlandia mungkin dilakukan, ya, dan Finlandia tahu itu. Apakah serangan terhadap negara-negara Baltik mungkin dilakukan, ya,” katanya.

“Ketika kita membicarakan perang di wilayah timur negara saya... kami berperang tidak hanya untuk kemerdekaan dan kedaulatan negara saya, kami berperang untuk demokrasi, kami berperang untuk kebebasan dan keamanan seluruh benua Eropa.” (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home