Loading...
INDONESIA
Penulis: Prasasta Widiadi 12:19 WIB | Minggu, 19 Juli 2015

Rusia Gelar Pembicaraan dengan Ukraina, AS dan Jerman

Sergei Lavrov. (Foto: ria.ru)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM – Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov menggelar pembicaraan terpisah  dengan para menteri luar negeri dari Ukraina, Amerika Serikat dan Jerman ketika pertempuran memuncak di Ukraina Timur.

Menurut pengumuman resmi pemerintah yang dikutip AFP, Sabtu (18/7) dalam pembicaraan melalui telepon dengan Menteri Luar Negeri Ukraina Pavlo Klimkin dan Menteri Luar Negeri Jerman Frank-Walter Steinmeier, Lavrov mengimbau agar tentara Ukraina “memulai demiliterisasi” di desa Shyrokine yang menjadi medan pertempuran.

Pemberontak Ukraina pro-Moskow sudah menarik diri dari wilayah strategis tersebut, 10 kilometer dari pelabuhan Azov Sea, Mariupol, kota besar terakhir di kawasan tersebut yang masih dikuasai oleh pemerintah Ukraina, ujar Lavrov kepada mereka.

Dia juga mengimbau utusan dari Ukraina untuk “menyelesaikan masalah tentang proyek reformasi konstitusional,” yang bertujuan memberikan otonomi lebih besar untuk kawasan-kawasan separatis, yang ditolak Rusia pekan lalu sebagai parodi dari kewajibannya di bawah perjanjian gencatan senjata Minsk.

Lavrov juga menggarisbawahi kekecewaan Moskow karena Kiev tidak melibatkan wakil pemberontak dalam diskusi reformasi konstitusionalnya tersebut.(Ant/AFP).

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home