Loading...
DUNIA
Penulis: Martha Lusiana 15:54 WIB | Kamis, 25 Juni 2015

Sebagian Puing Pesawat MH17 Masih di Ukraina

Puing-puing jet Malaysian Airlines yang membawa 298 orang dalam penerbangan Amsterdam-Kuala Lumpur setelah jatuh di dekat Kota Shaktarsk di Ukraina timur yang dikuasai oleh pemberontak. (Foto: AFP)

KIEV, SATUHARAPAN.COM – Seorang pemberontak pro-Rusia, Rabu (24/6), mengatakan, hampir sebagian puing pesawat Malaysia Airlines yang ditembak hingga jatuh di atas Ukraina tahun lalu masih berserakan di daerah yang dikontrol oleh separatis itu.

Pemimpin pemberontak, Andrei Purgin, mengatakan, sekitar 40 persen bagian pesawat hangus ditinggalkan oleh penyidik internasional dan tim pemulangan.

Kiev dan sekutu Barat menuduh militan secara sengaja menembak hingga pesawat Boeing 777 jatuh setelah mengira pesawat itu pesawat milik Ukraina.

Seluruh 298 penumpang dan kru yang ada di dalam pesawat MH17 tujuan Kuala Lumpur tersebut meninggal.

Sementara itu kelompok pemberontak dan Moskow juga berbalik menuduh militer Ukraina menembak pesawat tersebut di udara dalam upaya menghancurkan gerilyawan separatis dan reputasi global Rusia.

“Sebagian besar bangkai pesawat ditinggal,” ujar Purgin.

“Penyidik meyakinkan kami bahwa mereka tidak memerlukan bagian tersebut,” katanya seperti dikutip oleh situs berita resmi pemberontak.

Tim internasional telah mengumpulkan bangkai pesawat dan fragmen-fragmennya untuk membantu penyelidikan yang dipimpin Belanda mengenai penyebab insiden Juli lalu tersebut. (AFP/Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home