Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:48 WIB | Minggu, 24 Januari 2021

Protes Meluas Dukung Navalny, Rusia Tangkap 3.400 Orang

Pendukung Navalny mengelar protes di kota Saint Petersburg, hari Sabtu (23/1). (Foto: Reuters)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Polisi Rusia menangkap lebih dari 3.400 orang pada hari Sabtu (23/1) dalam protes nasional yang menuntut pembebasan pemimpin oposisi Alexei Navalny, musuh Kremlin yang paling menonjol, menurut sebuah kelompok yang menghitung penahanan politik.

Protes digelar di sejumlah kota dalam suhu rendah, hingga minus-50 C, yang menunjukkan bagaimana Navalny telah membangun pengaruh jauh melampaui pusat-pusat politik dan budaya Moskow dan St. Petersburg.

Di Moskow, sekitar 15.000 demonstran berkumpul di dalam dan sekitar Lapangan Pushkin di pusat kota, di mana terjadi bentrokan dengan polisi dan demonstran secara kasar diseret oleh petugas anti huru-hara berhelm ke bus polisi dan truk penahanan. Beberapa dipukul dengan tongkat. Istri Navalny, Yulia, termasuk di antara mereka yang ditangkap.

Polisi akhirnya mendorong demonstran keluar dari lapangan. Ribuan orang kemudian berkumpul kembali di sepanjang bulevar yang lebar sekitar satu kilometer jauhnya, banyak dari mereka melemparkan bola salju ke polisi sebelum bubar.

Beberapa kemudian pergi untuk memprotes di dekat penjara tempat Navalny ditahan. Polisi melakukan penangkapan dalam jumlah yang belum dapat ditentukan di sana.

Protes Nasional

Protes meluas ke seluruh wilayah Rusia, dari kota pulau Yuzhno-Sakhalinsk di utara Jepang dan kota Yakutsk di Siberia timur, di mana suhu turun hingga minus-50 Celcius, hingga kota-kota Eropa yang lebih padat penduduknya di Rusia. Navalny dan kampanye antikorupsinya telah membangun jaringan dukungan yang luas meskipun ada penindasan resmi oleh pemerintah dan secara rutin diabaikan oleh media pemerintah.

“Situasinya semakin buruk, ini adalah pelanggaran hukum total,” kata Andrei Gorkyov, seorang pengunjuk rasa di Moskow. Dan jika kita tetap diam, itu akan berlangsung selamanya.

Kelompok OVD-Info, yang memantau penangkapan politik, mengatakan setidaknya 941 orang ditahan di Moskow dan lebih dari 350 di demonstrasi lainnya di St. Petersburg. Secara keseluruhan, dikatakan 3.454 orang telah ditangkap di sekitar 90 kota.

Tidak terpengaruh oleh penangkapan itu, pendukung Navalny menyerukan untuk menggelar protes lagi pada akhir pekan depan.

Diracun dengan Novichok

Navalny ditangkap pada 17 Januari ketika dia kembali ke Moskow dari Jerman, di mana dia telah menghabiskan lima bulan untuk memulihkan diri dari keracunan zat saraf parah. Dia menuduh itu dilakukan oleh Kremlin, tetapi pemerintah Vladimir Putin menyangkal itu dilakukan oleh pihak berwenang Rusia. 

Pihak berwenang mengatakan dia tinggal di Jerman melanggar persyaratan hukuman percobaan dalam hukuman pidana pada tahun 2014, sementara Navalny mengatakan hukuman itu untuk tuduhan yang dibuat-buat.

Aktivis berusia 44 tahun ini terkenal secara nasional karena laporannya tentang korupsi yang berkembang di bawah pemerintahan Presiden Vladimir Putin.

Dukungannya yang luas menempatkan Kremlin untuk mempertaruhkan diri dengan lebih banyak protes dan kritik dari Barat. Itu strategi Navalny jika kembalinya membuat dia ditahan, dan dia tidak mau mundur dengan bebas dari penjara.

Navalny menghadapi sidang pengadilan pada awal Februari untuk menentukan apakah hukumannya dalam kasus kriminal karena penipuan dan pencucian uang, yang menurut Navalny bermotif politik, yang diubah menjadi 3,5 tahun hukuman penjara.

Polisi Moskow pada hari Kamis menangkap tiga rekan penting Navalny, dua di antara mereka kemudian dipenjara selama sembilan dan 10 hari.

Navalny mengalami koma saat penerbangan domestik dari Siberia ke Moskow pada 20 Agustus. Dia dipindahkan dari rumah sakit di Siberia ke rumah sakit Berlin dua hari kemudian. Laboratorium di Jerman, Prancis, dan Swedia, dan tes oleh Organisasi Pelarangan Senjata Kimia, menetapkan bahwa ia terpapar zat saraf Novichok yang dikembangkan di era Uni Soviet.(AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home