Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Reporter Satuharapan 17:39 WIB | Senin, 15 September 2014

PT KAI Akan Realisasikan Pembangunan Trem di Surabaya

PT KAI Akan Realisasikan Pembangunan Trem di Surabaya
Direktur Utama PT KAI Ignasius Jonan mengadakan pertemuan dengan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di Balai Kota Surabaya pada Kamis (11/9). (Foto-foto: kereta-api.co.id)
PT KAI Akan Realisasikan Pembangunan Trem di Surabaya
Suasana pertemuan pihak PT KAI dan Pemkot Surabaya yang membahas rencana pembangunan trem di Kota Surabaya.

SURABAYA, SATUHARAPAN.COM – Trem atau kereta angkutan penumpang dalam kota yang dijalankan oleh tenaga listrik akan segera direalisasikan di Surabaya. Pembangunan Angkutan Masal Cepat (AMC) ini merupakan hasil kerja sama antara PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Jalur trem rencananya akan dibangun sepanjang 17 kilometer. Kepastian hal tersebut diketahui setelah Direktur Utama PT KAI Ignasius Jonan mengadakan pertemuan dengan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di Balai Kota Surabaya pada Kamis (11/9) lalu. Pertemuan tersebut sengaja dilakukan untuk membahas rencana pembangunan trem di Surabaya.

Dalam pertemuan itu, Jonan menegaskan PT KAI siap membangun dan mengoperasikan trem di Surabaya. Sementara itu, Pemkot Surabaya bersedia menyediakan lahan untuk proyek tersebut. Pembangunan jalur trem sepanjang 17 kilometer akan didanai oleh PT KAI.

“Untuk memuluskan pembangunan proyek tersebut, PT KAI dan Pemkot Surabaya akan menyiapkan MoU (Memorandum of Understanding),” kata Jonan.

Sementara itu, Risma mengatakan peletakan batu pertama sebagai simbol pembangunan trem dapat dilaksanakan satu bulan lagi. Untuk pembangunan fisik diperlukan waktu lebih lama, yakni sekitar satu setengah tahun lagi karena rangkaian trem akan dipesan di luar negeri.

Menurut rencana, jalur trem Surabaya ini akan dimulai dari sebelah selatan (Joyoboyo) menuju 17 kilometer ke utara. Trem akan melewati 29 titik pemberhentian atau halte dan melaju dengan kecepatan rata-rata 30 kilometer per jam. (kereta-api.co.id)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home