Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Dewasasri M Wardani 12:58 WIB | Kamis, 28 Mei 2015

PUPR Kejar Target Jalan Arus Mudik 2015

Jalan tol Cikampek Palimanan (Cikapali). (Foto : pu.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM  -  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengejar target percepatan penyelesaian pengerjaan infrastruktur jalan menjelang Lebaran 2015. Selain jalan baru, juga digenjot perbaikan jalan di Jalur Pantura sepanjang 1.300 km .

Direktur Bina Pelaksanaan Wilayah II Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) Adriananda mengatakan hal itu di Kantor Kementerian Perhubungan, Rabu (27/5). Dia menyatakan percepatan perbaikan dilakukan untuk mencapai target kemantapan jalan 100 persen menjelang arus mudik lebaran tahun ini.

"Selama ini yang jadi masalah di Jawa Barat. (Jalan Tol) Cikampek-Palimanan (Cikapali) 99 persen Juni sudah bisa difungsikan. Jabar tidak ada masalah lagi, bakal pindah ke Pejagan (Jawa Tengah, Red). Kemantapan Pantura 97 persen. Sebelum puasa sudah selesai semua," katanya.

Proses pengerjaan yang saat ini sedang dilakukan berupa penutupan lubang yang menjadi bagian dari program pemeliharaan jalan dan jembatan.

"Pantura tidak ada pekerjaan berat. Jalan berlubang, awal Juni sudah selesai. Jalan berlubang di Kadipaten sedang diperbaiki," dia menjelaskan. 

Tahun ini, anggaran pemeliharaan dan perbaikan jalur Pantura mencapai Rp 1,3 triliun. Alokasi terbesar mencapai Rp 600 miliar di wilayah Jawa Tengah, lantaran jalur alternatif tol belum terbangun.

Jalur Pantura merupakan jalan nasional sepanjang 1.316 km yang menjadi penghubung lima provinsi yaitu Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah dan Jawa Barat, dan Jawa Timur.

Jalur ini memiliki peran sangat penting, karena letaknya yang strategis dan juga menjadi urat nadi utama transportasi darat, karena setiap hari dilalui 20.000 hingga 70.000 kendaraan per hari.(pu.go.id)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home