Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 09:01 WIB | Rabu, 20 Agustus 2014

Putin-Poroshenko akan Temui Petinggi UE

Tentara Ukraina mengisi sebuah sistem peluncur roket Grad, di dekat kota Shchastya, kawasan Lugansk, Ukraina timur pada 18 Agustus 2014. Ukraina menuduh pemberontak pro-Rusia membunuh puluhan warga sipil yang melarikan diri dari kawasan tersebut pada 18 Agustus 2014 saat pembicaraan mengenai krisis antara Kiev dan Moskow gagal menghentikan pertumpahan darah selama beberapa bulan terakhir ini. (Foto: AFP)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM - Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Petro Poroshenko akan bertemu dengan para petinggi Uni Eropa (UE) di Belarus pada pekan depan.

Pihak kepresidenan Poroshenko mengatakan akan menggunakan pertemuan pada 26 Agustus untuk membahas berbagai cara guna menstabilkan situasi di Ukraina timur, keamanan energi dan perjanjian perdagangan baru Kiev dengan Uni Eropa, yang ditentang Rusia.

Sementara pernyataan dari Kremlin mengatakan sejumlah pertemuan bilateral akan digelar, namun tidak merinci jika Putin akan mengadakan pertemuan langsung dengan Poroshenko.

Putin dan Poroshenko sempat bertemu dengan Kanselir Jerman Angela Merkel di sela-sela seremoni peringatan D-Day di Normandia pada Juni dan berulang kali melakukan pembicaraan via telepon sejak saat itu.

Pertemuan itu juga akan meliputi pembicaraan dengan presiden Belarus dan Kazakhstan, yang merupakan bagian dari Customs Union yang dipimpin Rusia di mana Ukraina menjadi bagian dari organisasi tersebut.

Rusia mengkhawatirkan dampak perjanjian perdagangan Ukraina dengan UE terhadap Customs Union, dan memperingatkan bahwa pihaknya dapat melarang seluruh produk Ukraina. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home