Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 06:33 WIB | Jumat, 13 Juni 2014

Raih Kemenangan, Brasil Sempurna Buka Piala Dunia 2014

Neymar cs sukses menyempurnakan pembukaan Piala Dunia 2014, dengan meraih kemenangan 3-1 atas Kroasia. (Foto: fifa.com)

SAO PAULO, SATUHARAPAN.COM – Tuan rumah turnamen sepak bola Piala Dunia 2014, Brasil sukses menyempurnakan pembukaan Piala Dunia 2014 yang diselenggarakan di tanah mereka sendiri. Usai menyelenggarakan Upacara Pembukaan Piala Dunia 2014 dengan lancar, Brasil sukses merengkuh kemenangan 3-1 atas Kroasia.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Arena de Sao Paulo, Brasil, pada Jumat (13/6) dinihari WIB, selecao (julukan tim sepak bola Brasil) harus kebobolan lebih dahulu. Pada menit ke 11, bek kiri Brasil milik Real Madrid, Marcelo salah mengantisipasi umpan yang dilepaskan Olic dari sisi kanan pertahanan Brasil. Hasilnya, Kroasia memimpin 0-1, berkat gol bunuh diri Marcelo.

Saat pertandingan memasuki menit 21, Brasil memiliki peluang menyamakan kedudukan. Namun, sambaran kaki kiri Oscar pada “bola liar” dari luar kotak penalti, masih bisa di selamatkan dengan baik oleh penjaga gawang Kroasia, Pletikosa.

Selang delapan menit, tepatnya menit 29, Neymar menjadi aktor penyeimbang kedudukan. Aksi individu dan tendangan kaki kirinya dari luar kotak penalti, berhasil meluncur datar ke sudut kiri gawang Pletikosa. Meskipun beberapa menit sebelumnya menjadi pemain pertama yang menerima kartu kuning di Piala Dunia 2014, namun Neymar berhasil membawa Brasil menyamakan kedudukan, menjadi 1-1.

Pertandingan yang berlangsung dengan tempo tinggi itu pun harus ditutup dengan skor imbang 1-1, saat turun minum.

Paruh Kedua

Memasuki babak kedua, Brasil dan Kroasia seperti menurunkan tempo permainan. Brasil sering buntu di tengah lapangan kala menmbangun serangan ke pertahanan lawannya. Sedangkan Kroasia, lebih memilih untuk bermain bola-bola pendek, sambil sesekali melepaskan umpan jarak jauh.

Malapetaka menghampiri Kroasia di menit 69, kala Lovren menarik badan penyerang Brasil, Fred, di area terlarang. Brasil mendapatkan hadiah penalti, yang sukses dikonversi Neymar menjadi gol keduanya di Piala Dunia 2014. Brasil berbalik unggul 2-1 atas Kroasia, walaupun eksekusi penalti Neymar sempat menyentuh jemari Pletikosa.

Atas tindakan tidak sportifnya, Lovren diganjar kartu kuning oleh Yuichi Nishimura, yang bertindak sebagai pengadil lapangan.

Kroasia yang terus membangun serangan demi menyamakan kedudukan, kembali diingatkan untuk tidak melupakan pertahanan. Pada menit 90, Kroasia mendapat sebuah serangan balik, Oscar sukses mengelabui dua pemain terakhir Kroasia, dengan mengambil posisi menembak diantara kedua pemain tersebut. Tendangan lurusnya dari luar kotak penalti, mencatatkan namanya dalam papan skor. Brasil memperlebar keunggulan jadi 3-1.

Hasil 3-1 itu bertahan hingga wasit asal Jepang, Yuichi Nishimura, meniup pluit panjang, tanda berakhirnya pertandingan pertama Piala Dunia 2014 tersebut. Untuk sementara, Brasil memimpin Grup A, dengan perolehan tiga poin.

Tim penghuni Grup A lainnya, Meksiko dan Kamerun, akan saling berhadapan, dalam laga yang berlangsung pada Jumat (13/6), pukul 23.00 WIB.

Susunan Pemain (Brasil vs Kroasia)

Brasil: Julio Cesar (penjaga gawang), Dani Alves, Thiago Silva, David Luiz, Marcelo, Paulinho (’62 Hernanes), Luiz Gustavo, Oscar, Hulk (’68 Bernard), Neymar (’87 Ramires), Fred

Cadangan: Victor (penjaga gawang), Jefferson (penjaga gawang), Henrique, Dante, Maxwell, Maicon, Fernandinho, Willian, Jo

Pelatih: Luiz Felipe Scolari (Brasil)

Kroasia: Pletikosa (penjaga gawang), Vrsaljko, Srna, Lovren, Corluka, Perisic, Kovacic (’60 Brozovic), Rakitic, Modric, Olic, Jelavic (’78 Rebic)

Cadangan: Subasic (penjaga gawang), Zelenika (penjaga gawang), Schildenfeld, Vida, Vukojevic, Sammir, Badelj, Pranjic, Eduardo da Silva

Pelatih: Niko Kovac (Kroasia)

Wasit: Yuichi Nishimura (Jepang)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home