Google+
Loading...
INDONESIA
Penulis: Ignatius Dwiana 22:48 WIB | Jumat, 16 Agustus 2013

Semarak Napak Tilas di Tugu Proklamasi

Semarak Napak Tilas di Tugu Proklamasi
Bapak dengan busana ala pejuang Betawi yang mengikuti kegiatan napak tilas. (Foto Ignatius Dwiana)
Semarak Napak Tilas di Tugu Proklamasi
Semarak Napak Tilas di Tugu Proklamasi
Peserta napak tilas beristirahat.
Semarak Napak Tilas di Tugu Proklamasi
Semarak Napak Tilas di Tugu Proklamasi
Musik teatrikal yang menggambarkan perjuangan rakyat Indonesia merebut kemerdekaan.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Ratusan peserta dari 24 komunitas mengikuti Napak Tilas Proklamasi Museum Joang 45 pada hari Jum’at siang (16/8). Rute napak tilas antara lain, Museum Joang 45 sebagai titik start, Museum Perumusan Naskah Proklamasi, dan Tugu Proklamasi sebagai titik finish.

Museum Joang 45 dipilih menjadi titik start karena tempat ini merupakan asrama dan tempat pendidikan nasionalisme para pemuda Indonesia. Soekarno, Mohammad Hatta, Adam Malik, Chaerul Saleh, dan sejumlah tokoh Indonesia lainnya berkumpul di tempat ini yang dulu bernama Gedung Menteng 31.

Dari Museum Joang 45 pukul 14.00 WIB, peserta napak tilas berangkat ke Museum Perumusan Naskah Proklamasi, dan titik finish di Tugu Proklamasi. Umumnya para peserta napak tilas berangkat dari Museum Joang 45 untuk menuju ke Tugu Proklamasi. Sementara ada rombongan peserta napak tilas yang berangkat dengan mengambil rute dari Museum Perumusan Naskah Proklamasi menuju ke Tugu Proklamasi saja. Mereka adalah rombongan peserta dari komunitas pecinta sejarah kebangsaan yang berasal dari Bogor.

Di Tugu Proklamasi kesemarakan napak tilas diisi dengan musik teatrikal yang menggambarkan perjuangan rakyat Indonesia merebut kemerdekaan, sambutan dari eksponen ’45, pengumuman pemenang dan pembagian hadiah pelbagai lomba agenda kegiatan napas tilas.

Kepala Unit Pengelola Museum Joang '45, Imron,  Kepala Unit Pengelola Museum Joang '45, Imron, mengatakan bahwa agenda kegiatan napas tilas ini diselenggarakan sebagai bagian dari mengenang kembali peristiwa sejarah proklamasi dan menanamkan nilai-nilai kejuangan kepada generasi muda.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home