Loading...
INDONESIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:23 WIB | Senin, 05 Januari 2015

Seratusan Imigran Diselamatkan di Laut Mediterania dalam Sepekan

Ilustrasi, migran asal Afrika saat menyebrangi lautan dari Libya menuju Italia. (Foto: alluiance/DPA)

MADRID, SATUHARAPAN.COM  - Hampir 150 imigran, yang berusaha menyeberangi Laut Mediterania menggunakan kapal seadanya berhasil diselamatkan dari lepas pantai Spanyol dalam kurun waktu kurang dari sepekan, menurut pernyataan pejabat terkait, Minggu (4/1).

Dalam operasi penyelamatan terbesar dari serangkaian operasi pada pekan lalu, sebuah kapal yang mengangkut 53 penumpang ditemukan oleh kapal feri di lepas pantai Andalusia, Spanyol selatan, menurut laporan otoritas setempat.

Penemuan sejumlah kapal yang mengangkut para imigran kian meningkat dalam sepekan terakhir, pasalnya para penyelundup tampaknya memanfaatkan kondisi cuaca yang kondusif dan laut yang tenang di wilayah tersebut, yang terletak di lepas pantai Maroko dan Aljazair.

Sebanyak 41 imigran lainnya diselamatkan di lepas pantai Kepulauan Canaray di Samudera Atlantik pada pekan lalu.

Puluhan ribu orang yang mengungsi akibat perang dan kemiskinan di Timur Tengah dan Afrika, melakukan perjalanan berbahaya melintasi Laut Mediterania setiap tahun untuk mencapai daratan Eropa.

PBB menyebut, Laut Mediterania sebagai rute pelayaran paling mematikan di dunia. Lebih dari 3.400 orang tewas pada 2014, dari total lebih dari 207 ribu orang yang berusaha menyeberangi laut tersebut. (AFP/Ant)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home