Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 14:07 WIB | Sabtu, 04 Juni 2016

Singapura Nyatakan Pulau Manis Milik Indonesia

Ilustrasi: Salah satu sudut Funtasy Island. (Foto: funtasyisland.com).

SINGAPURA, SATUHARAPAN.COM – Kementerian Luar Negeri Singapura membantah mengklaim wilayah yang ada di Indonesia, Pulau Manis, sebagai wilayah mereka. “Kami sangat bingung dengan banyaknya laporan karena Singapura tidak pernah membantah kedaulatan Indonesia atas Pulau Manis dan tidak mengklaim pulau,” sebut siaran resmi Kementerian Luar Negeri Singapura, hari Rabu (1/6).

Menurut situs berita online Singapura, Asia One, kekisruhan antara Singapura dan Indonesia tentang Pulau Manis terjadi karena beberapa situs berita terkemuka Indonesia pada hari Senin (30/5) memberitakan tentang resor wisata Funtasy Island, yang terletak di Pulau Manis yang diklaim sepihak oleh Singapura.

Dalam brosur Funtasy Island terlihat peta Singapura digambarkan berwarna sama dengan Pulau Manis di  Kecamatan Belakang Padang, Batam, Kepulauan Riau.

Menurut Duta Besar Indonesia untuk Singapura, Ngurah Swajaya, Funtasy Island merupakan wilayah ecopark yang dikelola bersama perusahaan Indonesia dan Singapura.

Ngurah mengatakan bila ada orang asing yang akan masuk ke Funtasy Island, Pulau Manis, harus melalui imigrasi dan bea cukai di dekat pulau Batam. “Saya dapat meyakinkan Anda bahwa itu adalah wilayah Indonesia,” kata Ngurah.

Manajer Funtasy Island Oke Yusma Nurjaman mengungkapkan bahwa resor ini sudah terjual habis, dengan sebagian besar pembeli berasal dari Singapura. 

Pulau Manis dibangun atas investasi Singapura melalui Funtasy Island Development (FID) sejak 2010. Pulau ini hanya berjarak 16 kilometer atau setengah jam saja dari Singapura dengan menggunakan kapal cepat dengan luas daratan sekitar 328 hektar. (asiaone.com).

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home