Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 15:53 WIB | Sabtu, 04 Juni 2016

So Sweet, Polisi Kanada Duduk di Trotoar dengan Gelandangan

Seorang petugas Polisi Daerah Kota Halifax di Kanada sedang duduk di trotoar dengan pengemis di jalan kota sibuk Spring Garden pada hari Kamis (26/5) pekan lalu. (Foto: goodnewsnetwork.org)

HALIFAX, SATUHARAPAN.COM - Sebuah pemandangan yang tidak biasa membuat pejalan kaki bernama Bruno Baurin berhenti dan memotret peristiwa langka, ketika seorang polisi duduk di trotoar dengan seorang gelandangan.

Seorang petugas Polisi Daerah Kota Halifax di Kanada sedang duduk di trotoar dengan pengemis di jalan kota sibuk Spring Garden pada hari Kamis (26/5) pekan lalu.

"Saya melihat mereka berdua sedang melakukan percakapan dan saya berpikir, 'Itu benar-benar hebat,'" kata Baurin kepada Maritim Noon dari cbc.ca.

"Itu bagus, mereka berada di tingkat yang sama," dia menambahkan.

Polisi Masyarakat

Const. Shawn Currie, polisi di foto tersebut mengatakan bahwa ia tidak tahu tentang gambar itu sampai istrinya melihat secara online dan mengirimkan kepadanya.

"Kami hanya berbicara tentang apa yang terjadi dalam hidupnya saat ini," kata Currie. "Saya sudah kenal dia selama sembilan tahun."

Sebagai seorang polisi masyarakat, Currie mengatakan itu bagian dari pekerjaannya untuk mengenal orang di daerah dan membantu mereka memecahkan masalah mereka. Memainkan Biola

Currie mengatakan bahwa pria yang ditemuinya itu memainkan biola hampir setiap hari di musim semi di jalan Garden.

"Hari itu ia sedang melakukan yoganya, bersiap-siap untuk bermain biola," kata Currie. "Jadi saya pikir itu lebih baik dan lebih mudah baginya jika aku duduk dengan dia."

Setelah Baurin mem-posting foto tersebut di media sosial, foto itu kemudian dibagikan hingga ratusan kali oleh pengguna media sosial lainnya.

"Kita cenderung untuk mendengar, setiap hari, banyak hal negatif dalam hidup-tapi kemudian Anda melihat sesuatu yang menyerang Anda di saat ini," kata Baurin.

"Itu membuat orang memiliki percakapan dan mungkin berubah menjadi sesuatu," lanjutnya.

Bisa Melakukan Kesalahan

Baurin menunjukkan bahwa pengamen dan pengemis di Halifax telah menjadi pemberitaan akhir-akhir ini. Beberapa anggota dewan kota telah menyuarakan keprihatinan bahwa beberapa orang yang meminta perubahan yang terlalu agresif dan menakut-nakuti orang jauh dari pusat kota Halifax.

Currie mengatakan itu penting untuk menjaga orang-orang yang aman, tetapi juga untuk diingat bahwa orang-orang jalanan adalah manusia.

"Itu satu interaksi buruk mungkin karena tidak mengetahui siapa mereka," katanya. "Kami tidak tahu apa yang terjadi hari itu. Mereka manusia, mereka bisa membuat kesalahan."

Reaksi Online Besar

Currie mengatakan popularitas foto itu membuatnya menyadari bahwa orang perlu melihat lebih banyak polisi berinteraksi dengan orang-orang pada tingkat yang lebih manusiawi dan bukan tingkat profesional.

"Kami selalu dilihat sebagai penegak hukum," katanya kepada Maritime Noon. "Tapi itu [foto] adalah setiap hari kami duduk di warung kopi, kami duduk di mana pun itu adalah bahwa kita perlu memiliki percakapan dengan seseorang dan itu nyaman."

Ini bukan pertama kalinya foto dengan Const. Currie telah mendapat reaksi besar dari pengguna media online. Tahun lalu, foto dia memberikan "tiket" (tilang) kepada anak usia tiga tahun yang bersepeda di Halifax Waterfront telah menjadi viral.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home