Google+
Loading...
FOTO
Penulis: Melki Pangaribuan 17:30 WIB | Kamis, 02 Mei 2019

Siswa SLTAK Unjuk Nusantara di Raimuna BPK PENABUR Jakarta

Siswa SLTAK Unjuk Nusantara di Raimuna BPK PENABUR Jakarta
Siswa-siswi SMAK 1 PENABUR Jakarta menampilkan Tarian Nusantara pada pembukaan “Raimuna BPK PENABUR Jakarta”, hari Kamis, 2-3 Mei 2019, di Kempi 3 Buperta Cibubur, Jakarta Timur. (Foto-foto: Melki Pangaribuan)
Siswa SLTAK Unjuk Nusantara di Raimuna BPK PENABUR Jakarta
Siswa SLTAK Unjuk Nusantara di Raimuna BPK PENABUR Jakarta
Pengurus Yayasan Divisi Pendidikan BPK PENABUR Jakarta, Kakak Purnomo Sigit, didampingi kakak pembina pramuka memukul gong sebagai tanda dibukanya “Raimuna ke-5 BPK PENABUR Jakarta”.
Siswa SLTAK Unjuk Nusantara di Raimuna BPK PENABUR Jakarta
Siswa SLTAK Unjuk Nusantara di Raimuna BPK PENABUR Jakarta
Salah satu kampung Nusantara pada “Raimuna ke-5 BPK PENABUR Jakarta”.
Siswa SLTAK Unjuk Nusantara di Raimuna BPK PENABUR Jakarta
Siswa SLTAK Unjuk Nusantara di Raimuna BPK PENABUR Jakarta
Pengurus Yayasan Divisi Pendidikan BPK PENABUR Jakarta, Kakak Purnomo Sigit (kedua dari kanan), didampingi kakak pembina pramuka saat mengunjungi kampung Nusantara.
Siswa SLTAK Unjuk Nusantara di Raimuna BPK PENABUR Jakarta
Siswa SLTAK Unjuk Nusantara di Raimuna BPK PENABUR Jakarta
Panitia Raimuna ke-5 BPK PENABUR Jakarta telah menentukan enam tantangan yang di dalamnya terdapat 42 sub tantangan.
Siswa SLTAK Unjuk Nusantara di Raimuna BPK PENABUR Jakarta

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - SLTAK PENABUR Jakarta menyelenggarakan kegiatan “Raimuna BPK PENABUR Jakarta”, hari Kamis, 2-3 Mei 2019, di Kempi 3 Buperta Cibubur, Jakarta Timur.

Sebanyak 19 sekolah, dengan 2.743 peserta didik SLTAK PENABUR Jakarta mengikuti acara ini. Panitia pelaksana acara Raimuna ke-5 diketuai SMAK 1 PENABUR Jakarta, dibantu 80 Bantara pusat dan 139 Bantara lokal dan didampingi 190 kakak pembina.

Kegiatan yang mengusung tema “Generasi Milenial yang Berbudaya dan Berkarakter” itu mengajak anak-anak SLTA kelas X menunjukkan keanekaragaman nusantara melalui parade nusantara yang akan dilakukan oleh masing-masing sekolah serta menanamkan nilai-nilai Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nlai Kristiani (PKBN2K) untuk tetap membentuk karakter positif para peserta didik.

Dalam amanahnya, Pengurus Yayasan Divisi Pendidikan BPK PENABUR Jakarta, Kakak Purnomo Sigit menyampaikan bahwa pertama, kegiatan Raimuna kali ini bertujuan untuk menghayati dan saling berbagi informasi mengenai kebudayaan yang ada di seluruh di Indonesia. Menurutnya, dengan kebudayaan kita akan memupuk rasa kesatuan dan rasa persatuan yang menimbulkan rasa cinta akan tanah air.

“Dan sebagai anggota pramuka, kita harus tetap bersahabat dan menjaga alam kita, meskipun saat ini kita telah dimajukan dengan teknologi yang serba canggih, tetapi pengetahuan dasar mengenai hal-hal sederhana dapat kita laksanakan pada saat yang tepat dan pada saat dibutuhkan,” kata Kakak Purnomo Sigit, saat memberikan sambutan pada Upacara Raimuna SLTAK PENABUR Jakarta.

Kedua, kata Kakak Purnomo, sebagai siswa-siswa PENABUR yang berbasis anak-anak Tuhan, nilai-nilai Kristiani harus ditunjukkan melalui ketaatan kita kepada bapak-ibu guru, dan kita harus ingat bahwa kasih kita mesti dapat dibagikan kepada sesama.

“Dan dengan ini pula kami nyatakan Raimuna PENABUR Jakarta ini kami buka,” kata Kakak Purnomo Sigit yang disambut dengan tepuk tangan peserta.

Kepramukaan Zaman Now

Kakak Sylviana Chrisyan, Kepala Sekolah SMAK 1 PENABUR, mengatakan kegiatan ini menjadikan peserta Raimuna BPK PENABUR Jakarta menjadi generasi modern yang mencintai budaya serta berkarakter melalui kegiatan-kegiatan pengembangan yang edukatif, kreatif, rekreatif, dan produktif.

“Raimuna kali ini dikemas dalam kepramukaan zaman now yang lebih difokuskan pada bidang-bidang pengembangan diri Pramuka Penegak lewat kegiatan tantangan-tantangan yang berifat edukatif, kreatif, rekreatif dan produktif,” katanya.

Kegiatan Raimuna ini, kata Sylviana Chrisyan, dibagi menjadi beberapa tantangan sesuai dengan muatan yang terkandung di dalamnya, dengan harapan peserta Raimuna 2019 mendapatkan wawasan dan pengetahuan untuk menguatkan skill-nya serta memperoleh pengalaman dan keterampilan baru untuk masa depanya.

“Kegiatan ini diharapkan menjadikan generasi milenial menjadi generasi penerus yang berbudaya dan berkarakter, yang mampu memimpin dirinya sendiri dan mampu menjadi saluran berkat bagi sesama,” kata Kakak Sylviana Chrisyan.

Itikat Luhur

Kepala·Jenjang SLTAK PENABUR, Enche Gunawan, mengimbau kepada seluruh peserta Raimuna ke-5 untuk mengikuti semua kegiatan di Raimuna ini dengan semangat yang menggelora dan itikat luhur sehingga setiap aktivitas yang kita ikuti dapat memberikan pengalaman yang bermakna bagi setiap kita.

Positif thinking dan berusaha memberikan yang terbaik dalam ikatan kekeluargaan dan cinta kasih Tuhan Yesus adalah kunci utama dalam pelaksanaan Rannuna ke 5 ini. Selamat beraktivitas adik adik Penegak, Tuhan Yesus memberkati,” kata Kakak Enche Gunawan.

Panitia Raimuna ke-5 telah menentukan enam tantangan yang di dalamnya terdapat 42 sub tantangan yang akan disajikan dalam kegiatan Raimuna kali ini, di antaranya Saka Bahari, Saka Dirgantara, Saka Husada, Saka Bhayangkara, Saka Wanabakti,  Saka Wirakartika, batik, hidroponik, pertolongan pertama, BEST, PKBN2K, dan layang-layang.

Adapun kegiatan yang akan dilakukan selama Raimuna 2019 ini di antaranya berkemah, melakukan kunjungan kampung Nusantara, mengikuti kegiatan di tantangan-tantangan, memasak, pentas seni, api uggun, dan karya bersama.

Peserta sekolah yang hadir di antaranya SMAK 1-8 PENABUR, SMAK PENABUR Bintaro Jaya, SMAK PENABUR Harapan Indah, SMAK PENABUR Summarecon Bekasi, SMAK PENABUR Kota Wisata, SMAK PENABUR Gading Serpong, SMAK PENABUR Kota Tangerang, SMAK PENABUR Jababeka, SMAK PENABUR Tirtamarta, SMAK PENABUR Paledang, SPK Kelapa Gading, SPK Tanjung Duren, dan SMK Farmasi.

 

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home