Loading...
BUDAYA
Penulis: Francisca Christy Rosana 21:43 WIB | Jumat, 21 November 2014

SORE Luncurkan Mini Album Bentuk Kaset

SORE Luncurkan Mini Album Bentuk Kaset
Dari kanan Ronal Surapradja (produser), Ade Firza Paloh (gitar, vokal), Bemby Gusti Pramudya (drum, perkusi, vokal), Awan Garnida (bass, vokal), Reza Dwi Putranto (gitar, vokal), Adink saat jumpa pers di RollingStone Cafe, Kemang, Jakarta Selatan pada Jumat (21/11). (Foto-foto: Francisca Christy Rosana)
SORE Luncurkan Mini Album Bentuk Kaset
Ade Pohan saat gladi bersih untuk konser peluncuran album di RollingStone Cafe.
SORE Luncurkan Mini Album Bentuk Kaset
Produser eksekutif Ronal Surapradja.
SORE Luncurkan Mini Album Bentuk Kaset
Awan menunjukkan keahliannya saat gladi bersih.
SORE Luncurkan Mini Album Bentuk Kaset
Penampilan kaset SORE. (Foto: Twitter SORE)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Grup musik indie SORE pada Jumat (21/11) telah merilis mini albumnya bertajuk EP Los Skut Leboys dalam bentuk kaset tape di RollingStone Cafe, Kemang, Jakarta Selatan.

Peluncuran mini album ketiga dalam bentuk kaset tape ini merupakan penghargaan para personel  terhadap produksi musik yang kini menjadi barang langka.

“Padahal kaset pada 1990-an menjadi raja,” ujar Bemby Gusti Pramudya, drummer sekaligus vokalis grup musik SORE.

Bemby mengatakan saat ini penjualan karya dalam bentuk fisik cukup menurun. Kemudian ia dan personel SORE lain berpikir mengenai bentuk yang unik, yang menjadikan orang mau membeli produk musik dalam bentuk fisik.

“Dan saya berpikir untuk mengeluarkan bentuk kaset lagi,” ujarnya.

Sementara itu, Ade  Firza Paloh, gitaris sekaligus vokalis mengatakan kaset adalah sebuah memori dan bentuk industri yang pernah ada. Mereka ingin menghadirkan kembali.memori tersebut di industri musik dan ini menurutnya perlu dilestarikan. Awan Garnida, bassis sekaligus vokalis menambahkan kualitas yang dihasilkan dari kaset tape juga terbukti lebih bagus.

Dalam mini album ini, terdapat empat buah lagu berjudul 8, Belajar Untuk Riang, Para Plesirs, dan There Goes. Secara eksklusif, kaset ini hanya diproduksi sebanyak 500 copy oleh Rooftopsound Records dan SRM Band Management yang diproduseri oleh Ronal Surapradja.  

Dibuat Sepenuh Hati

Mini album ini, kata Ronal dibuat dengan sepenuh hati.

“Semuanya dibuat dengan sepenuh hati. Mudah-mudahan energi ini dapat sampai dan hasilnya pun berkah untuk kita semua,” kata Ronal.

Istimewanya, pernak-pernik kaset seperti sticker dan covernya seluruhnya dikerjakan sendiri oleh personel grup musik.

“Kami melipat sendiri covernya, kami menggunting sendiri stickernya, semua terlibat sampai tengah malam. Jadi semua yang dipegang oleh kalian adalah handmade dan begitu personal. Kami bukan industri besar yang semuanya pakai mesin, kami pakai tangan. Jadi kami mencoba menghadirkan sesuatu yang bersifat personal sehingag energinya sampai,” Ronal menjelaskan.

Ronal ingin bukan hanya energi di lagu saja  yang akan sampai ke penonton dan pendengar, tetapi energi proses pembuatan juga turut dirasakan dan sampai ke pendengar.

Sekilas SORE

SORE merupakan kelompok musik indie yang berasal dari Jakarta dan dibentuk apda 2002. SORE memiliki keunikan, yaitu semua anggotanya bermain musik dengan tangan kidal. Anggota Sore antara lain ialah  Ade Firza Paloh (gitar, vokal), Awan Garnida (bass, vokal), Reza Dwi Putranto (gitar, vokal), Bemby Gusti Pramudya (drum, perkusi, vokal), Ramondo Gascaro (piano, keyboard, gitar, vokal). Semua anggota SORE ambil bagian sebagai vokalis. 

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home