Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 10:36 WIB | Senin, 25 Agustus 2014

Sutradara Richard Attenborough Meninggal Dunia

Sutradara Richard Attenborough Meninggal Dunia
Sir Richard Attenborough. (Foto: AFP)
Sutradara Richard Attenborough Meninggal Dunia
Sir Richard Attenborough (tengah) dalam film laris Jurassic Park garapan sutradara Steven Spielberg. (Foto: jurassicworlduniverse.com)

LONDON, SATUHARAPAN.COM - Sutradara peraih Oscar asal Inggris Sir Richard Attenborough, meninggal dalam usia 90 tahun, pada Minggu (24/8) siang, seperti disampaikan oleh putranya.

Lord Attenborough merupakan aktor dan sutradara Inggris yang sukses.

Dalam kariernya yang terentang selama enam dekade di dunia perfilman, ia tampil dalam sejumlah film termasuk Brighton Rock,The Great Escape tentang Perang Dunia II,  film laris Jurassic Park, dan film drama Elizabeth.

Sebagai sutradara, ia meraih dua penghargaan Oscar, untuk film Gandhi, pada 1983.

Sir Ben Kingsley, yang berperan sebagai Gandhi dalam film Gandhi, mengatakan akan merindukan aktor dan sutradara kawakan itu, "Ketika ia memberikan peran dalam Gandhi , itu merupakan anugerah dan memberikan kegembiraan bagi saya. Ia memberikan kepercayaan yang besar dan saya sangat percaya dan mencintai dia."

Editor budaya BBC Will Gompertz, mengatakan Lord Attenborough telah menjalani perawatan selama beberapa tahun di rumahnya.

Sejak enam tahun lalu, kakak dari pembuat dokumenter terkenal Inggris David Attenborough ini, harus menggunakan kursi roda, karena terjatuh dari tangga.

Aktor

Sebelum menjadi sutradara, Richard Attenborough adalah aktor Inggris yang laris.

Perdana Menteri Inggris David Cameron menyampaikan belasungkawa melalui Twitter dengan menulis: "Perannya dalam Brighton Rock cemerlang, dia menyutradarai Gandhi dengan luar biasa - Richard Attenborough merupakan yang terbaik di dunia perfilman."

British Academy of Film and Television Arts, yang pernah ia pimpin, melalui Facebook juga mengungkapkan belasungkawa . “Dukungannya yang tulus selama 50 tahun sangat berarti bagi keberadaan BAFTA saat ini.”

Dilahirkan di Cambridge, Inggris, pada Agustus 1923, Attenborough meluncurkan karya film layar lebar perdananya pada 1942, In Which We Serve.

Pada dekade 60, ia mulai memesona dunia perfilman Hollywood, yang menariknya untuk berperan  dalam film perang karya John Sturges, The Great Escape, dan film garapan Robert Aldrich, Flight Of The Phoenix. (bbc.co.uk/abc.net.au)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home