Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 15:31 WIB | Senin, 30 Maret 2015

Tabanan Siap Dukung Science and Techno Park LIPI

Kebun Raya Eka Kary LIPI yang berlokasi di Candikuning, Baturiti, Tabanan, Bali,Kabupaten Tabanan akan dijajaki sebagai lokasi STP. (Foto: secretofbali.blogspot.com)

TABANAN, SATUHARAPAN.COM - Pemerintah Kabupaten Tabanan, Bali melalui Sekretaris Daerah I Nyoman Wirna Ariwangsa menyatakan siap mendukung visi dan misi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) terkait pembangunan science and techno park (STP) di daerahnya.

“Selama ini LIPI telah memberi dukungan kepada kami terkait upaya pelestarian plasma nutfah dan pengembangan pariwisata di Tabanan,” katanya di Kantor Pemerintah Kabupaten Tabanan, baru-baru ini.

Kabupaten Tabanan dijajaki sebagai lokasi STP, mengingat terdapat satuan kerja LIPI yakni Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kebun Raya “Eka Karya” LIPI yang berlokasi di Candikuning, Baturiti, Tabanan, Bali.

Selain itu, Tabanan juga merupakan lumbung pangan Bali dengan luas lahan persawahan mencapai 23 ribu hektar dan memiliki jumlah mata air dan sungai terbanyak di seluruh Bali.

“Keberadaan STP nantinya akan mengidentifikasi teknologi, menginventarisir masalah dan potensi daerah, yang pada akhirnya akan meningkatkan daya saing daerah,” kata Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI Prof Dr Bambang Subiyanto.

Menurut Bambang, pembangunan STP memerlukan komitmen pemerintah daerah untuk menyediakan satu lokasi khusus. “Di sini pemerintah daerah berperan mengalokasikan satu lokasi khusus untuk menjembatani pebisnis dan peneliti sehingga hasil-hasil penelitian tadi bisa diaplikasikan,” kata Bambang.

Pemerintah Kabupaten Tabanan sendiri mengharapkan bantuan teknologi LIPI untuk mengatasi permasalahan daerahnya.
“Kami memerlukan teknologi pengolahan sampah, penyediaan air bersih di daerah terpencil, pendangkalan danau, serta teknologi pasca panen untuk produk pertanian dan perikanan,” kata Nyoman. (lipi.go.id)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home