Loading...
SAINS
Penulis: Melki Pangaribuan 11:19 WIB | Rabu, 27 Mei 2015

Teknologi Buatan Australia Pantau Kesehatan Jarak Jauh

Peralatan kesehatan dapat disambungkan ke gadget melalui koneksi bluetooth. (Foto: radioaustralia.net.au)

AUSTRALIA, SATUHARAPAN.COM - Produk teknologi yang dikembangkan Australia dapat membantu meningkatkan kesehatan warga, khususnya yang berada di kawasan pedalaman. Lewat teknologi ini, pasien dapat memantau dan mengirimkan langsung data kesehatan mereka seperti tekanan darah dan denyut nadi.

Sebuah sistem buatan Australia telah dikembangkan. Sistem ini menggunakan teknologi yang terhubung dengan alat kesehatan melalui koneksi bluetooth. Data-data pasien dapat langsung terkoneksi gadget milik pasien seperti tablet.

Professor Colleen Cartwright dari Universitas Southern Cross mengatakan pemanfaatan teknologi ini dapat meningkatkan kesadaran soal kesehatan, selain tentunya penghematan biaya.

"Mereka yang telah menggunakan sistem ini adalah para manula di beberala klinik-klinik yang ada di negara bagian Queensland dan New South Wales,” kata dia seperti dilansir radioaustralia.net.au, Rabu (27/5).

Professor Cartwright menjelaskan setiap pasien diberikan beberapa perangkat untuk mengukur tekanan darah, denyut nadi, dan sebagainya yang dapat terkoneksi dengan bluetooth di tablet.

"Mereka dapat mengukur tekanan darah, denyut nadi, kadar gula, berat badan, dan sejenisnya," tambahnya.

Data yang terekam selain dapat dilihat langsung oleh pasien, juga terkirim secara otomatis kepada para petugas kesehatan.

"Saat juru perawat datang ke klinik, mereka dapat langsung melihat di monitor. Dari situ dapat langsung terbaca melalui indikator, jika ada yang melebihi batas normal," kata dia.

Indikator inilah yang kemudian digunakan para perawat untuk mendapatkan informasi dan mengambil tindakan. "Misalnya saja perawat akan melihat jika tekanan darah seorang naik dan menghubungkan dengan kematian saudara kandung pasien tersebut sepekan sebelumnya."

"Perawat kemudian akan meneleponnya dan menanyakan keadaannya," katanya.

Menurut Profesor Cartwright beberapa pasien merasa lebih tenang karena merasa selalu diawasi kondisi kesehatannya. (radioaustralia.net.au)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home