Loading...
SAINS
Penulis: Kartika Virgianti 11:06 WIB | Kamis, 22 Agustus 2013

TEPCO: Kebocoran Air Limbah Radioaktif Kemungkinan Mengarah ke Laut

Foto: reuters.com

FUKUSHIMA, SATUHARAPAN.COM – Operator pabrik nuklir Fukushima Daiichi mengatakan air limbah yang mengandung  radioaktif sangat tinggi bisa bocor dari tangki penyimpanan ke Samudera Pasifik.

Perusahaan Tenaga Listrik Tokyo (Tokyo Electric Power Company/TEPCO) telah menyelidiki kebocoran lebih dari 300 ton air yang terkontaminasi dari salah satu tangki air limbah. Kebocoran dikonfirmasi pada hari Senin (19/8).

Ratusan tanki radioaktif dipasang di lereng bukit dekat bangunan reaktor. Air yang bocor akan keluar dari penghalang beton yang telah didirikan di sekitar tangki.

Pekerja TEPCO menemukan air yang terkontaminasi mengalir menuju sebuah parit sekitar 50 meter dari tangki yang bocor. Di dalam parit tersebut, mereka mendeteksi radiasi tingkat tinggi sebesar 6 millisieverts per jam. Parit mengalir ke laut selatan dari pelabuhan dekat pabrik.

Penjelasan terbaru pemerintah bertentangan dengan yang mereka umumkan pada Selasa sebelumnya. Pada saat itu, mereka mengatakan mereka tidak berpikir air yang terkontaminasi itu mencapai laut karena tingkat zat radioaktif di air laut sebelumnya tidak tinggi.

Tapi operator pabrik nuklir Fukushima Daiichi masih mengatakan belum melihat adanya perubahan tingkat bahan radioaktif di laut karena kebocoran air limbah tersebut. (nhk.or.jp)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home