Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 14:10 WIB | Selasa, 21 Maret 2017

Tersangka Teror Pasar Natal Berlin Ditangkap di Istanbul

Tiga tersangka yang terkait dengan pelaku serangan oleh militan ISIS pada sebuah pasar Natal di Berlin, Jerman tahun lalu ditangkap di bandar udara Ataturk, Istanbul, Turki, pada Senin (20/3). (Foto: dari Hurriyet)

ISTANBUL, SATUHARAPAN.COM- Tiga orang tersangka yang terkait dengan pelaku serangan oleh ISIS (Negara Islam Irak dan Suriah) pada sebuah pasar Natal di Berlin akhir tahun lalu telah ditangkap di bandar udara Ataturk, Istanbul, Turki, kata Kementerian Dalam Negeri Turki, hari Senin (20/3).

Polisi menangkap tersangka asal Lebanon dan warga negara Jerman, yang diidentifikasi sebagai Mohammad Ali Khan, Youssef Darwiche, dan Bilal Yosef Mahmoud, di bandar udara Istanbul.  Intelijen menyebutkan bahwa mereka mencoba untuk pergi ke Eropa, kata pernyataan kementerian itu seperti dilaporkan media Turki, Hurriyet.

Sebuah truk menabrak pasar Natal yang ramai di ibu kota Jerman, Berlin, pada 19 Desember 2016, dan menewaskan 12 orang, serta melukai 49 orang lainnya.

Kelompok jihad itu telah mengaku bertanggung jawab atas serangan dengan truk pada hari berikutnya.

Diperkirakan para tersangka datang satu pekan setelah polisi di Provinsi Ä°zmir, di wilayah barat, menangkap militan ISIS yang diduga memerintahkan serangan itu.

Pria warga negara Jerman asal Yordania  itu diidentifikasi hanya dengan inisial WD, dan tiba di Turki secara ilegal untuk menyeberang ke Yunani setelah serangan tersebut. Dia diduga memberikan kronologi serangan oleh pria militan ISIS asal Tunisia, Anis Amir, yang tewas di Milano ketika akan ditangkap.

Menurut pemeriksaan pada telepon selular Amir, ada beberapa nama tersangka yang diduga berada di Turki.

Pada tanggal 11 Maret, tersangka ISIS asal Suriah yang diidentifikasi hanya dengan inisial MAK juga diyakini berada di Ä°zmir dan tertangkap dalam penggerebegan di hotel tempat dia menginap.

MAK katanya, tiba di Izmir menyeberang ke Yunani dan dilaporkan berencana untuk melancarkan serangan di Eropa.

Editor : Sabar Subekti

BPK Penabur-Start Up
Zuri Hotel
Back to Home