Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 00:53 WIB | Sabtu, 24 Mei 2014

Tim Thomas Tak Berkutik Dihajar Malaysia

Tim Thomas Tak Berkutik Dihajar Malaysia
Tommy Sugiarto (kanan) yang kalah di partai pertama semi final Piala Thomas 2014, saat menerima nasihat dari Joko Supsrianto (pelatih tunggal putra, jaket merah). (Foto-foto: Humas PBSI).
Tim Thomas Tak Berkutik Dihajar Malaysia
Mohamad Ahsan dan Hendra Setiawan yang takluk di partai kedua semi final Piala Thomas 2014.
Tim Thomas Tak Berkutik Dihajar Malaysia
Dyonisius Hayom Rumbaka yang tumbang di partai ketiga semi final Piala Thomas 2014.

NEW DELHI, SATUHARAPAN.COM – Tim bulu tangkis putra Indonesia tidak berdaya menghadapi Malaysia usai tumbang dengan kedudukan akhir 0-3, pada partai semi final Piala Thomas yang berlangsung Jumat (23/5) malam WIB, di Stadion Siri Fort Indoor, New Delhi.

Indonesia tertinggal dari Malaysia 0-1, setelah Tommy Sugiarto takluk atas peringkat pertama tunggal putra dunia, Lee Chong Wei.

Tommy awalnya bermain gemilang saat unggul 11-6 pada pertengahan set pertama, akan tetapi Tommy lengah dan banyak pukulan shuttlecock dari putra Icuk Sugiarto ini yang meleset dari sasaran, sebaliknya Chong Wei bermain menempatkan shuttlecock dalam posisi yang tidak terjangkau Tommy. Chong Wei menyamakan kedudukan 16-16, dan Tommy semakin gugup hingga Chong Wei menyudahi set pertama 21-19.

Chong Wei relatif mudah memenangi set kedua 21-13, karena salah satu telapak kaki Tommy yang sempat cedera tiba-tiba kambuh.

Pasangan ganda putra terbaik milik Indonesia gagal mengobati kekecewaan pendukung Indonesia,  usai ditaklukkan Boon Heong dan Thien How dalam pertarungan ketat tiga set, 19-21, 21-8, dan 21-23. Tim Thomas Indonesia jauh tertinggal 0-2 atas Negeri Jiran.

Tim putra Merah Putih akhirnya benar-benar harus mengucapkan selamat tinggal kepada kejuaraan bulu tangkis beregu putra ini usai kekasih Bellaetrix Manuputty, Dyonisius Hayom Rumbaka terhenti atas Chong Wei Feng di partai ketiga.

Pada set pertama, Hayom tidak dapat bermain lepas dan terlihat saat kedudukan 6-11 bagi keunggulan Wei Feng. Pebulu tangkis Malaysia ini semakin mantap menggapai kemenangan pada 6-16, Hayom yang sempat mencapai angka 10 tidak mampu menghadang Wei Feng yang unggul pada set pertama dengan 21-10.

Set berikutnya, Chong mengendalikan permainan karena terus menerus mengambil poin, sementara Hayom yang di bawah tekanan karena harus menang malah terlalu banyak melakukan kesalahan sendiri, akibatnya Hayom tidak mampu menahan Chong Wei yang melesat unggul 5-11,

Hayom perlahan mulai mendekat. Pukulan Chong yang menyangkut di net membuat Hayom memangkas ketertinggalan menjadi 13-16. Hayom sempat bersemangat tatkala menyamakan kedudukan 16 sama, akan tetapi Chong Wei lebih tenang dan mampu memainkan ritme yang tidak terkejar Hayom hingga akhirnya Chong Wei memastikan kemenangan 21-17, sekaligus menghantar Negeri Jiran ke partai final yang akan digelar Minggu (25/5).

Dua partai tersisa yang seharusnya dimainkan Simon Santoso dan pasangan Angga Saputra dan Rian Agung tidak dipertandingkan karena apabila kedua partai ini dimenangkan Indonesia, maka skor 3-2 masih untuk keunggulan Malaysia. (badmintonindonesia.org/tournamentsoftware.com).

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home