Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 16:30 WIB | Senin, 06 Juli 2015

Tiongkok Optimistis Ekonomi Yunani Pulih

Ilustrasi Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras. (Foto: bbc.com).

BEIJING, SATUHARAPAN.COM – Tiongkok yakin bahwa ekonomi Yunani akan berbalik dengan kerja keras dari semua pihak.

"Saya percaya bahwa dengan upaya keras dari semua pihak, situasi ekonomi Yunani akan berbalik. Krisis ekonomi akan tepat ditangani,” kata Wakil Menteri Luar Negeri Tiongkok Cheng Guoping  katanya kepada wartawan, dalam komentar resmi Tiongkok , Senin (6/7) seperti tertuang channelnewsasia.com.  

Cheng  percaya krisis utang Yunani akan  diselesaikan dengan tepat. Namun dia  tidak  mengatakan jika Perdana Menteri Yunani – Alexis Tsipras – bisa menghadiri pertemuan puncak kekuatan BRICS – Brasil, Rusia, India, Tiongkok, dan Afrika Selatan – yang  akan dihelat beberapa waktu lagi di Rusia.

Yunani  menolak  paket penyelamatan dari Dana Moneter Internasional pada  Minggu (5/7), sebagai konsekuensinya, keuangan Yunani dinyatakan gagal bayar  dan memperdalam kebuntuan dengan pemberi pinjaman.

Ditanya apakah Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras mungkin datang ke KTT minggu ini dari kelompok BRICS dari lima negara berkembang utama,  Cheng mengatakan  keputusan tersebut ada di tangan Rusia selaku  tuan rumah.  

Menteri Keuangan Rusia mengatakan pekan lalu bahwa Rusia tidak menawarkan Yunani kesempatan untuk menjadi anggota Bank Pembangunan baru yang sedang dibuat oleh kelompok BRICS. (channelnewsasia.com)

 

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home