Loading...
DUNIA
Penulis: Bob H. Simbolon 11:36 WIB | Minggu, 03 April 2016

Trump Sebut Jepang Korsel Perlu Punya Nuklir, Ini Kata Obama

Barack Obama saat menjadi pemateri di SXSW, di Austin, Texas, Amerika Serikat, hari Minggu (13/3). (Foto: ibtimes.co.uk).

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM – Presiden Amerika Serikat Barack Obama menanggapi pernyataan terbaru calon presiden dari Partai Republik, Donald Trump. Trump menyarankan Korea Selatan dan Jepang perlu memiliki senjata nuklir karena Obama tidak banyak mengetahui kebijakan luar negeri.

Trump juga menyarankan agar Obama membatalkan kebijakan keamanan AS di Asia dengan mempertimbangkan menarik pasukan AS dari Jepang dan Korea Selatan.

Menanggapi pernyataan Trump, Obama menjelaskan pemilihan Presiden Amerika merupakan perhatian dunia karena yang Amerika Serikat lakukan untuk kepentingan dunia.

“Bahkan negara-negara yang pernah melaksanakan Pemilihan Umum ingin memiliki suasana ketenangan dan kejelasan. Apalagi ketika ada pemilihan di Amerika Serikat.” kata dia tanpa menyebutkan nama Donald Trump seperti dilansir bloomberg.com pada hari Sabtu (2/4).

KTT keamanan nuklir yang diadakan oleh Obama di Washington bermaksud untuk membendung maraknya bahan nuklir di seluruh dunia dan batas stok senjata nuklir. 

Para pejabat pemerintahan Obama telah berusaha untuk meyakinkan Jepang dan Korea Selatan bahwa AS tidak akan menarik diri dari wilayah tersebut. 

Presiden telah membuat lebih keterlibatan AS di Asia fokus utama kebijakan luar negerinya.

“Aliansi kami dengan Jepang dan Republik Korea adalah salah satu fondasi, salah satu pilar dari kehadiran kami di wilayah Asia-Pasifik,” kata Obama. 

“Kami tidak ingin seseorang di Kantor Kepresidenan tidak mengakui betapa pentingnya hal ini.”

Sebelumnya, Trump pertama menyarankan bahwa Jepang dan Korea Selatan mungkin perlu memiliki persenjataan nuklir mereka sendiri dalam sebuah wawancara pekan lalu dengan New York Times. Dia menegaskan kembali sikapnya minggu ini ketika ditanya tentang hal itu.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home