Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 15:40 WIB | Kamis, 12 Januari 2017

Trump Tegaskan Pembangunan Dinding di Perbatasan AS-Meksiko

Penjahit di Perusahaan Bendera Nasional di Alexandria Virginia memotong sisa benang pada panji Angkatan Bersenjata Amerika Serikat yang akan digunakan dalam upacara pelantikan presiden terpilih AS Donald Trump, 10 Januari 2017. (Foto: AFP)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM - Donald Trump berjanji untuk mendorong rencana pembangunan dinding di perbatasan selatan Amerika Serikat (AS) setelah dilantik, dan mengatakan bahwa Meksiko akan mengganti rugi biaya pembangunan tersebut.

“Saya bisa menunggu sekitar 1,5 tahun sampai kami menyelesaikan negosiasi dengan Meksiko, yang akan kami mulai segera setelah kami dilantik, tetapi saya tidak ingin menunggu,” ujar Trump dalam sebuah konferensi pers hari Rabu (11/1).

“Kami akan memulai pembangunan,” katanya. “Meksiko dalam beberapa bentuk -dan ada banyak bentuk berbeda- akan mengganti rugi kami.”

“Itu akan terjadi. Apakah itu dalam bentuk pajak atau dalam bentuk pembayaran.”

Namun, pejabat Meksiko membantah keras bahwa mereka bersedia melakukannya. Menteri luar negeri baru negara itu, Luis Videgaray, pada Selasa mengatakan bahwa “tidak mungkin” negaranya akan membayar pembangunan dinding tersebut, meski dia mengatakan dirinya siap bernegosiasi dengan pemerintahan Trump.

Di sisi lain, peso Meksiko merosot 0,9 persen setelah konferensi pers yang dilakukan Trump, sebelum kembali mencatatkan beberapa penurunan. Mata uang tersebut telah turun sejak terpilihnya Trump pada 8 November. (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home