Loading...
FOTO
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 10:54 WIB | Minggu, 30 Maret 2014

Upacara Melasti Menjelang Hari Raya Nyepi

Upacara Melasti Menjelang Hari Raya Nyepi
Umat Hindu melakukan tari baris gede saat upacara Melasti menjelang Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1936, di Tanjung Akkarena Makassar, Sulsel, Sabtu (29/3). Upacara Melasti tersebut bermakna untuk penyucian diri dan alam sebelum Hari Raya Nyepi. (Foto-foto: Antara)
Upacara Melasti Menjelang Hari Raya Nyepi
Sejumlah umat Hindu mengikuti ritual upacara Melasti untuk menyambut Hari Raya Nyepi di Kawasan Rekreasi Santai Beach', Latuhalat, Nusaniwe, Ambon, Maluku, Sabtu (29/3). Perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1936 yang jatuh pada Senin (31/3) itu mengangkat tema "Dengan Melaksanakan Dharma Negara, Kita Wujudkan Harmoni Nusantara".
Upacara Melasti Menjelang Hari Raya Nyepi
Sejumlah pemuda mengarak "Ogoh-Ogoh" atau boneka raksasa yang melambangkan Bhuta Kala (sifat-sifat buruk) dalam Festival Ogoh-Ogoh 2014 menjelang Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1936 di Desa Tegallalang, Gianyar, Bali, Sabtu (29/3). Umat Hindu menggelar parade Ogoh-Ogoh berkeliling kampung untuk menetralisir kekuatan negatif dan sifat buruk agar Hari Raya Nyepi dapat dilaksanakan dengan penuh keheningan serta tanpa gangguan apapun.
Upacara Melasti Menjelang Hari Raya Nyepi
Sejumlah Umat Hindu membawa benda-benda sakral ke laut saat upacara Melasti menjelang Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1936, di Pantai Purnama, Gianyar, Bali, Jumat (28/3). Ritual Melasti tersebut bermakna untuk penyucian diri dan alam agar Hari Raya Nyepi pada 31 Maret mendatang dapat dilaksanakan dengan hening.
Upacara Melasti Menjelang Hari Raya Nyepi
Sejumlah umat Hindu mengikuti ritual upacara Melasti untuk menyambut Hari Raya Nyepi di Pantai Aru Kobangdikal Bumimoro, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (29/3). Perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1936 yang jatuh pada Senin (31/3) itu mengangkat tema "Dengan Melaksanakan Dharma Negara, Kita Wujudkan Harmoni Nusantara".
Upacara Melasti Menjelang Hari Raya Nyepi
Umat Hindu melakukan persiapan jelang Hari Raya Nyepi di Pura Bhakti Agung, Depok, Jawa Barat, Kamis (27/3). Perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1936 yang jatuh pada Senin (31/3) mengangkat tema "Dengan Melaksanakan Dharma Negara, Kita Wujudkan Harmoni Nusantara".

SATUHARAPAN.COM - Umat Hindu di Indonesia tengah mempersiapkan peringatan Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1936 yang akan dilaksanakan pada Senin 31 Maret. Tiga atau dua hari sebelumnya berbagai ritual keagamaan digelar umat Hindu seperti upacara Melasti.

Umat Hindu melakukan Penyucian dengan melakukan upacara Melasti atau disebut juga Melis/Mekiyis. Pada hari tersebut, segala sarana persembahyangan yang ada di Pura diarak ke pantai atau danau, karena laut atau danau adalah sumber air suci (tirta amerta) dan bisa menyucikan segala leteh (kotor) di dalam diri manusia dan alam.

Hari Raya Nyepi merupakan perayaan Tahun Baru Hindu berdasarkan penanggalan Caka, yang dimulai sejak tahun 78 Masehi. Tahun Baru Saka di Bali dimulai dengan menyepi. Tidak ada aktivitas seperti biasa. Semua kegiatan ditiadakan, termasuk pelayanan umum, seperti Bandar Udara Internasional, pelabuhan laut dan terminal bus pun tutup. (wikipedia.org)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home