Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 11:20 WIB | Senin, 16 Februari 2015

Walkot Betlehem Mengadu ke Paus

Wali Kota Betlehem, Vera Baboun (kedua kanan) menemui Paus Fransiskus (kiri) untuk mengadukan masalah pembangunan tembok pemisah yang akan dibangun Israel di wilayah Lembah Cremisan, Raby (11/2). (Foto: Facebook.com)

VATIKAN, SATUHARAPAN.COM – Penambahan Tembok Pemisah oleh Israel di wilayah subur Lembah Cremisan berarti tidak ada masa depan bagi umat Kristen di wilayah Betlehem, menurut Wali Kota Betlehem.

Vera Baboun, telah mengajukan banding ke Vatikan untuk minta bantuan.

“Mereka ingin membangun pemisahan Tembok di Cremisan lembah dan kemudian mengambil alih tanah milik orang Kristen Palestina. Jika itu terjadi, seluruh daerah akan ditekan dari cengkeraman dinding, dan yang pertama untuk pergi akan Kristen,” dia mengatakan kepada kantor berita Fides, Rabu (11/2).

Baboun mengunjungi Roma dengan wali kota lain dari wilayah “segitiga Kristen”, Nicola Khamis dari Beit Jala dan Hani Abdelmasih al-Hayek dari Beit Sahour, dan Issa Kassissieh, Duta Besar Palestina untuk Takhta Suci.

Tanah dengan kebun-kebun anggur dan kebun zaitun milik 58 keluarga Kristen di Beit Jala, tercakup dalam rute calon tembok di Cremisan Valley. Tembok itu juga akan mengancam dua biara dan sekolah Salesian.

Menurut Baboun, jika tanah di lembah itu disita, “Tidak akan ada masa depan bagi orang Kristen: kepadatan penduduk akan naik ke tingkat yang tidak berkelanjutan dan banyak akhirnya akan memilih jalur Eksodus, yang telah mengurangi kehadiran kekristenan di Tanah Suci.”

Setelah audiensi dengan Paus Fransiskus, delegasi bertemu Kardinal Sekretaris Negara Pietro Parolin. Baboun mengatakan, “Kami telah mencapai titik kritis. Kami menunjukkan peta kepada Kardinal Parolin dan foto yang kami miliki. Kardinal mendengarkan dengan hati-hati, dengan perhatian besar.”

Rencana Israel untuk Lembah Cremisan mendapat perlawanan sengit dari gereja, yang berpendapat itu merupakan perampasan tanah. Pendukung pembangunan tembok mengatakan bahwa itu perlu untuk alasan militer.

Mahkamah Agung Israel Kehakiman belum memutuskan masalah ini. (christiantoday.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home