Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 10:21 WIB | Senin, 08 Desember 2014

PM Palestina dan Wakil Vatikan Hadiri Penyalaan Pohon Natal Betlehem

Suasana penyalaan lampu Pohon Natal di Betlehem, Palestina, Sabtu (6/12). (Foto: haaretz.com)

BETLEHEM, SATUHARAPAN.COM – Ratusan warga Palestina dan peziarah berkumpul mengikuti upacara penyalaan lampu Pohon Natal di Bethlehem Manger Square, Sabtu (6/12).

Melalui upacara ini, dimulailah acara tahunan perayaan Natal di kota yang diyakini sebagai tempat kelahiran Yesus.

Wali Kota Betlehem, Vera Baboun menyalakan lampu pohon Natal setinggi 15 meter di luar gereja Kelahiran Kristus (Church of Nativity).

 ”Pesan dari Betlehem, secara khusus di tahun ini, bahwa kita memiliki solidaritas. Kami mendesak semua orang melalui pesan kami bahwa kami membutuhkan solidaritas ini karena hanya keadilan ini yang kami butuhkan di Natal ini,” kata Baboun.

 Kerumunan bertepuk tangan dan bersorak saat pohon itu diterangi dengan lampu warna-warni, dan pertunjukan kembang api yang diikuti. Perdana Menteri Otoritas Palestina, Rami Hamdallah, menghadiri upacara tersebut.

Wakil Vatikan

Penyalaan lampu Pohon Natal ini juga dihadiri wakil dari Takhta Suci Vatikan—pusat pemerintahan Gereja Katolik Roma. Kardinal dan Uskup Agung Umbria Gualtiero Bassette tiba di Manger Square di Bethlehem dari Biara St Saviour di Yerusalem untuk menghadiri upacara penyalaan lampu Pohon Natal.

Kardinal Bassette diterima oleh pejabat Palestina, termasuk Menteri Pariwisata dan Purbakala Rula Maayah, Gubernur Betlehem Jebrin al-Bakri, Penasihat Presiden untuk Urusan Kristen Ziad al-Bandak, dan Wali Kota Betlehem Vera Baboun.

 Setelah kedatangannya, Kardinal Bassette masuk ke Gereja St Catherine—bagian dari kompleks Gereja Kelahiran Kristus— dan kemudian mengunjungi Nativity Grotto—gua yang dipercaya sebagai tempat kelahiran Yesus dari Nazaret.

Mengekspresikan kegembiraannya tentang kunjungan ini, Kardinal Bassette mengatakan, “Ketika saya mengunjungi Betlehem, yang dibanjiri dengan sukacita dan kegembiraan, saya merasa senang dengan ini sambutan hangat dan ramah di tengah-tengah suasana yang indah dan menyenangkan ini.”

(jpost.com/reuters.com/haaretz.com/english.wafa.ps)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home