Google+
Loading...
RELIGI
Penulis: Reporter Satuharapan 19:19 WIB | Selasa, 11 September 2018

WCC-Katolik Susun Dokumen tentang Migran dan Perdamaian

Ilustrasi. Menghadapi tantangan krisis migran dan pembangunan perdamaian, Joint Working Group Dewan Gereja Dunia dan pemimpin Katolik menyusun dokumen rekomendasi. (Foto: CNBC.com/Getty Images)

SATUHARAPAN.COM – Di Kota Augsburg, Jerman, yang mengingatkan akan sejarah pemisahan dan rekonsiliasi, Dewan Gereja Dunia (WCC) dan para pemimpin Katolik bertemu untuk membahas peningkatan kerja sama dalam pembangunan perdamaian dan perlindungan bagi para migran dan pengungsi.

Anggota Kelompok Kerja Bersama (Joint Working Group/JWG) antara Gereja Katolik Roma dan WCC mengakhiri rapat pleno pada 7 September di Augsburg, yang juga merupakan tempat Deklarasi Bersama tentang Doctrine of Justification ditandatangani oleh pemimpin Katolik dan Lutheran hampir dua dekade lalu. Kesepakatan itu mengakhiri perselisihan doktrinal pusat yang secara pahit memisahkan umat Katolik dan Protestan di Eropa abad ke-16.

Selama pertemuan empat hari, anggota JWG, bekerja sama menyusun dua dokumen yang memberikan rekomendasi praktis kepada gereja-gereja yang menghadapi tantangan migrasi dan pembangunan perdamaian dalam konteks kekerasan dan konflik. Kedua teks, yang akan diterbitkan sebelum berakhirnya mandat JWG saat ini pada 2020, menggambarkan refleksi teologis dan pengalaman pastoral para anggota yang bekerja di negara-negara di seluruh dunia.

Dokumen tentang para migran dan pengungsi juga menggambarkan kerja konferensi gabungan Vatikan-WCC yang dijadwalkan diselenggarakan pada 18-20 September di Roma mengenai Migrasi, Xenophobia, dan Populisme, yang bermotif politik.

Selama paripurna, JWG menyempatkan diri bertemu dengan uskup Katolik Augsburg, Konrad Zdarsa, dan mengunjungi banyak situs yang terkait dengan sejarah Reformasi. Termasuk dikunjungi adalah istana Renaissance, tempat Kardinal Italia Tommaso Cajetan bertemu dengan Martin Luther dalam sebuah pertemuan yang memiliki konsekuensi definitif untuk gerakan Reformasi.

Selama pertemuan JWG, Uskup Heinrich Bedford-Strohm, Ketua Dewan Gereja Evangelis di Jerman, merefleksikan peringatan ulang tahun ke-500 Reformasi dan hubungannya dengan persatuan.

JWG didirikan pada tahun 1965 sebagai badan penasihat untuk membina hubungan yang lebih baik antara Gereja Katolik Roma dan WCC. Saat ini JWG dipimpin oleh co-moderator Romanian Orthodox Metropolitan Nifon of Targoviste dan Uskup Agung Katolik Diarmuid Martin dari Dublin. (oikoumene.org)

Editor : Sotyati

Back to Home