Loading...
SAINS
Penulis: Bayu Probo 17:04 WIB | Jumat, 14 Februari 2014

Yogyakarta dan Surakarta Liburkan Sekolah Dua Hari Sebab Hujan Abu Erupsi Gunung Kelud

Siswa menghindari hujan abu vulkanik. (Foto: Antara)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah Kota Yogyakarta memutuskan untuk meliburkan kegiatan belajar mengajar di sekolah selama dua hari karena pekatnya hujan abu vulkanik letusan Gunung Kelud yang mengguyur wilayah tersebut.

Kebijakan tidak melakukan kegiatan belajar mengajar di sekolah pada Jumat (14/2) dan Sabtu (15/2) tersebut ditetapkan setelah digelar rapat koordinasi antara Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti bersama satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait.

“Kegiatan belajar mengajar di sekolah ditiadakan hingga Sabtu (15/2), termasuk kegiatan sekolah yang dilakukan di luar sekolah diharapkan dihentikan terlebih dulu,” kata Haryadi di Yogyakarta, Jumat (14/2).

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Edy Heri Suasana mengatakan, semua jenjang sekolah mulai dari tingkat taman kanak-kanak hingga SMA/SMK atau sederajat diliburkan selama dua hari.

“Siswa diminta untuk belajar di rumah. Orangtua diharapkan dapat memberikan pendampingan selama anak belajar di rumah,” katanya.

Edy mengatakan, hujan abu vulkanik yang cukup lebat tersebut berbahaya bagi kesehatan sehingga akan sangat berisiko apabila siswa tetap dipaksakan masuk sekolah.

Pengumuman dan informasi mengenai penghentian kegiatan belajar mengajar di sekolah selama dua hari tersebut telah disampaikan ke masing-masing sekolah untuk kemudian dilanjutkan ke orang tua siswa.

Sejumlah sekolah di Kota Yogyakarta juga sudah memasang papan pengumuman yang menyatakan bahwa kegiatan belajar mengajar dihentikan karena hujan abu vulkanik Gunung Kelud.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY Baskara Aji juga sudah menyampaikan pesan berantai melalui pesan singkat telepon selular yang menyatakan sekolah diliburkan akibat hujan abu vulkanik Gunung Kelud.

Pengumuman tersebut disampaikan berantai ke semua kepala dinas pendidikan di kabupaten/kota dan dilanjutkan ke semua kepala sekolah untuk kemudian disampaikan ke orang tua siswa.

Meskipun sekolah diliburkan selama dua hari, pelayanan di sejumlah kantor dan instansi Pemerintah Kota Yogyakarta tetap berjalan dengan normal.

Layanan jaminan kesehatan daerah (jamkesda) tetap dapat diakses oleh masyarakat, meskipun sempat mengalami gangguan karena listrik mati.

Wali Kota Yogyakarta juga memerintahkan camat dan lurah untuk memantau kondisi di lingkungan masing-masing guna mengetahui kondisi warganya.

Siswa di Solo Juga Libur Dua Hari

Pengumuman Walikota Surakarta Nomor 36146 tentang Erupsi Gunung Kelud :

Sehubungan dengan erupsi gunung Kelud yang berdampak di Surakarta, minta perhatian instansi pemerintah, perbankan, swasta, sekolah, dan masyarakat hal sebagai berikut, Bidang Pendidikan diliburkan Jumat dan Sabtu (14 - 15 Feb 2014).

(Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home