Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:04 WIB | Kamis, 09 Maret 2023

20 Tahun Berkuasa, Akankah Tahun 2023 Mengakhiri Kekuasaan 'Sultan' Turki Erdogan?

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, memberi isyarat saat menyampaikan pidato saat rapat umum di Ankara, Turki, Rabu, 14 Maret 2018. (Foto: dok.AP)

ANKARA, SATUHARAPAN.COM - Dia memenangkan setiap pemilihan dalam karir politiknya, mendominasi politik Turki selama dua dekade, dan saat ini menikmati lebih banyak kekuasaan daripada pemimpin mana pun sebelumnya dalam sejarah modern negara itu.

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, sekarang menghadapi pemilihannya yang paling sulit; salah satu yang dapat membunuh mimpinya untuk masa jabatan ketiga sebagai presiden dan mengakhiri karir politik nasionalnya selama lebih dari dua dekade.

Jika dia berhasil, dia akan menjadi seorang “sultan” yang memimpin “Kekaisaran Ottoman” modernnya sendiri, dibentuk menurut citranya, sampai nafas terakhirnya.

Meskipun perbandingan dengan sultan mungkin tampak seperti klise sederhana, analis dan politisi di seluruh dunia telah berulang kali menggunakannya untuk mengilustrasikan otoritarianisme Erdogan dan bagaimana dia mengikis kemandirian lembaga negara.

Politisi Jerman, Cem Özdemir, pernah berkata: “Erdogan ingin menjadi sultan modern. Dia ingin memerintah Turki seumur hidup, dan dia ingin melakukannya dengan tangan besi.”

Analis politik Amerika yang berfokus pada Turki dan wilayah Kurdi, Max Hoffman, mengatakan: "Kemerosotan Erdogan ke dalam otoritarianisme telah membuat banyak orang memanggilnya 'sultan', julukan yang menunjukkan kontrolnya yang semakin meningkat atas politik, masyarakat, dan ekonomi Turki."

Pemilihan Presiden Turki 2023

Tindakan Erdogan sejak kudeta yang gagal pada tahun 2016 dipandang oleh banyak analis dan pemerintah Barat sebagai konsolidasi kekuatan yang signifikan dan perilaku yang lebih mirip dengan penguasa otoriter tradisional daripada presiden yang terpilih secara demokratis. Analis dan politisi menggunakan istilah "sultan" untuk menyiratkan konsentrasi kekuasaan dan mengabaikan norma dan institusi demokrasi.

Terlepas dari jumlah kekuatan yang telah dia konsolidasi selama bertahun-tahun, Erdogan menghadapi perjuangan berat dalam pemilihan presiden mendatang. Kondisi menjelang pemilihan ini sepertinya tidak akan mendukung masa jabatan presiden lainnya untuknya.

Turki dilanda gempa bumi terburuk dalam sejarah modern negara itu pada bulan Februari. Gempa besar berkekuatan 7,8 SR dan gempa susulannya menyebabkan kerusakan infrastruktur yang meluas dengan lebih dari 160.000 bangunan hancur, lebih dari 100.000 orang terluka, lebih dari satu juta orang kehilangan tempat tinggal, dan korban tewas lebih dari 52.000.

Bank Dunia memperkirakan kerusakan akibat gempa mencapai lebih dari US$34 miliar yang setara dengan empat persen dari seluruh PDB Turki pada tahun 2021. Namun, perkiraan tersebut tidak termasuk biaya rekonstruksi, yang berpotensi dua kali lipat. Lebih dari separuh angka total yang dihitung oleh Bank Dunia adalah biaya kerusakan langsung yang ditimbulkan oleh bangunan tempat tinggal. Bahkan UNDP menyebut kerugian akibat gempa itu mencapai US$ 100 miliar (setara Rp 1.500 triliun).

Erdogan telah menghadapi kritik keras yang ditujukan pada bagaimana pemerintahnya menangani bencana, termasuk operasi penyelamatan yang lambat dan bagaimana personel pemerintah tidak bekerja sama dengan lembaga bantuan dan otoritas lokal.

Kandidat aliansi enam partai oposisi yang dipilih untuk menantang Erdogan dalam pemilu mendatang, Kemal Kilicdaroglu, mengipasi api kemarahan publik. Dia berkata: “Mereka gagal dalam hal ini, karena mereka gagal dalam setiap masalah lainnya, mereka tidak tahu bagaimana mengelola negara. Jika ada orang yang bertanggung jawab atas proses ini, itu adalah Erdogan. Partai yang berkuasa inilah yang tidak mempersiapkan negara untuk gempa bumi selama 20 tahun.”

Sementara itu, Erdogan melakukan kunjungan ke daerah-daerah yang terkena dampak dan mengakui “kekurangan” dalam tanggapan pemerintahnya. “Kami berhadapan langsung dengan salah satu bencana terbesar dalam sejarah kami… Adalah kenyataan bahwa upaya pencarian tidak secepat yang kami inginkan,” katanya.

Dia berjanji untuk membangun kembali setiap rumah dan kantor yang rusak dan mengembalikannya kepada pemiliknya yang sah dalam waktu satu tahun. “Kami akan membangun kembali gedung-gedung ini dalam waktu satu tahun dan akan menyerahkannya kembali kepada warga. Sementara kami melakukan itu, kami akan membayar sewa warga yang tidak ingin tinggal di tenda,” Erdogan meyakinkan.

Amnesti Zonasi dan Gempa Bumi

Namun, timbul pertanyaan mengapa puluhan ribu bangunan runtuh selama gempa, terutama karena banyak di antaranya yang baru dibangun dan seharusnya mematuhi peraturan keselamatan yang paling ketat.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut telah memperbaharui pengawasan terhadap penegakan aturan konstruksi dan standar keselamatan bangunan di daerah yang kemungkinan terkena dampak gempa bumi.

Menurut David Alexander, seorang profesor perencanaan darurat di University College London: “Inibencana yang disebabkan oleh konstruksi yang buruk, bukan karena gempa bumi,” katanya kepada AP. Dia juga mengatakan kepada BBC bahwa hampir semua bangunan yang runtuh tidak sesuai dengan aturan konstruksi gempa yang diharapkan.

Tumpukan puing menunjukkan kenyataan yang terlalu jelas bahwa pemerintah tidak menegakkan peraturan konstruksi modern untuk memenuhi standar keamanan gempa. Keselamatan dikorbankan untuk pembunuhan cepat (kiasan untuk mengatakan pada saat konstruksi atau perizinan; dan secara harfiah, bertahun-tahun kemudian ketika bencana alam melanda).

Banyak pejabat tata kota dan pembangunan mantan dan pejabat saat ini telah angkat bicara, mengkritik salah urus struktur perizinan melalui praktik "amnesti zonasi".

Pada tahun 2018, Turki mengesahkan undang-undang amnesti zonasi yang kontroversial, yang mengizinkan bangunan yang dibangun secara ilegal atau tanpa izin yang layak untuk dilegalkan. Undang-undang ini dikritik oleh para pejabat dan ahli tata kota, yang berpendapat bahwa undang-undang tersebut akan mendorong pembangunan ilegal lebih lanjut dan memperburuk risiko gempa bumi.

Ini dilakukan menjelang pemilihan presiden dan dilihat oleh banyak orang sebagai langkah politik oleh Erdogan dan pemerintahnya untuk mendapatkan dukungan dari pemilih dan pengembang.

Pejabat perencanaan kota memperingatkan praktik tersebut dapat menyebabkan masalah lingkungan dan keselamatan publik. Tayfun Kahraman, Presiden Kamar Perencana Kota, memperingatkan pada tahun 2018: “Amnesti zonasi akan menyebabkan urbanisasi yang tidak direncanakan dan tidak terkendali, yang akan menciptakan masalah serius bagi transformasi perkotaan dan tahan gempa di negara kita.”

Pejabat dan akademisi lain di bidang tata kota menyampaikan banyak kekhawatiran tentang praktik tersebut, dan memperingatkan bahwa hal itu akan meningkatkan risiko gempa bumi dan merupakan kebijakan berbahaya yang mengancam kehidupan warga jika terjadi gempa bumi.

Esra Ä°nal, Presiden Kamar Perencana Kota Ankara, mengatakan pada tahun 2021: “Amnesti zonasi hanya akan melayani kepentingan pengembang dan menyebabkan lebih banyak degradasi lingkungan dan perluasan kota, yang akan membuat kota kita lebih rentan terhadap gempa bumi.”

Dan ketika bencana benar-benar terjadi, dampaknya semakin besar seperti yang diperingatkan para ahli lima tahun lalu. Namun, pemerintah Erdogan menuding para kontraktor dan pembangun, dan menangkap puluhan pengembang untuk dibawa ke pengadilan. Tapi itu mungkin terlalu sedikit, terlalu terlambat.

Apalagi mengingat infrastruktur dan pembangunan menjadi ciri khas kampanye pemilihan Erdogan selama 20 tahun terakhir. Dia berjanji di awal karirnya untuk membangun kembali negara, dan dia melakukannya. Namun tampaknya konstruksi dilakukan dengan mengambil jalan pintas dan memprioritaskan pengiriman cepat dari ledakan real estat dan infrastruktur yang dijanjikan untuk memuaskan konstituen sebelum pemilu, tanpa menegakkan kode keamanan bangunan, menghasilkan struktur yang tidak memenuhi persyaratan dasar keselamatan.

Inflasi dan Nilai Mata Uang Lira

Erdogan sudah berada di bawah tekanan sebelum gempa mematikan akibat krisis biaya hidup negara. Sekarang, dia juga harus menghadapi protes publik terhadap salah urus pemerintah atas krisis dan tahun-tahun - paling tidak - kelalaian besar yang memperparah gempa bumi yang mematikan. Melonjaknya inflasi dan tenggelamnya mata uang lira

Bahkan sebelum gempa bumi melanda, publik bergulat dengan krisis biaya hidup yang oleh banyak orang, memang seharusnya demikian, dilihat sebagai konstruksi ciptaan pemerintah. Pemerintahan Erdogan mencampuri kebijakan moneter dan menerapkan kebijakan ekonomi yang dipertanyakan yang bertentangan dengan pendekatan ekonomi yang sehat. Hasil akhirnya adalah: orang-orang di seluruh negeri mengalami kesulitan keuangan.

Ekonomi Turki yang melemah sejauh ini hanya berhasil tertatih-tatih berkat sekutu kaya yang membantunya tetap bertahan. Tetapi publik masih berjuang dengan inflasi yang melonjak dan nilai lira yang menurun.

Data resmi Turki menyatakan bahwa tingkat inflasi tahunan negara itu telah melambat menjadi 58 persen, jauh lebih rendah dari tingkat tertinggi dua dekade terakhir sebesar 85 persen tahun lalu.

Namun, ekonom independen di kelompok riset inflasi swasta Turki (ENAG), yang modelnya untuk menghitung inflasi di Turki dikembangkan oleh sekelompok akademisi dan peneliti, mengatakan tingkat inflasi jauh lebih tinggi daripada statistik resmi yang berada di angka 121,6 persen pada Januari dan turun dari 137,5 persen di bulan Desember.

Sementara itu, pada tahun 2021, mata uang kehilangan 44 persen versus dolar AS karena beberapa putaran penurunan suku bunga. Lalu hilang 30 persen lebih tinggi pada tahun 2022, menjadi mata uang pasar negara berkembang dengan kinerja terburuk. Lira Turki telah melemah sekitar satu persen dalam enam pekan pertama tahun 2023. Namun, para ekonom memperkirakan lira akan turun sekitar 12 persen dalam enam bulan ke depan.

Erdogan telah terlibat dalam mengubah kebijakan moneter negara sejak 2016, biasanya memotong suku bunga atau mengganti pejabat keuangan pemerintah. Tindakan kontroversial dan tidak ortodoksnya biasanya menghasilkan kebalikan dari efek yang diinginkan, meningkatkan inflasi dan semakin melemahkan lira. Ekonom dan analis keuangan sangat mengkritik kebijakan Erdogan dan campur tangannya dalam sistem keuangan negara, yang menurut banyak orang harus independen dari kebijakan politik apa pun.

Harga tinggi dan rekor mata uang lira yang rendah diterjemahkan menjadi berkurangnya daya beli masyarakat Turki. Orang yang tiba-tiba tidak mampu membeli kebutuhan karena keputusan yang dibuat di tingkat makro akan menyalahkan pemerintah atas kesengsaraan keuangan mereka. Ini jadi alasan utama publik marah pada Erdogan.

Sentimen Publik dan Pemilihan Presiden

Kemarahan publik adalah kekuatan yang harus diperhitungkan, terutama ketika orang yang dicintai meninggal atau sekarat atau dikubur hidup-hidup, dan ketika puluhan ribu orang terpaksa keluar dari rumah mereka, tetapi kemudian ditinggalkan dalam kedinginan, secara harfiah dan kiasan, tanpa makanan atau air atau tempat berlindung atau pemanas.

Bagi calon presiden yang harus berpikir untuk menggalang dukungan dan menaikkan elektabilitasnya, menjadi sasaran kemarahan publik saat krisis nasional bisa menjadi ciuman kematian.

“Krisis adalah ujian kepemimpinan, dan jika publik tidak percaya bahwa presiden mampu menjalankan tugasnya, hal itu dapat berdampak signifikan pada prospek pemilihan ulang mereka. Dan itu bisa menjadi pukulan fatal bagi presiden mana pun yang mencari masa jabatan berikutnya,”Larry Sabato, direktur Pusat Politik di Universitas Virginia, mengatakan kepada CNBC.

Ketika orang-orang menuju ke bilik suara pada 14 Mei mendatang, masa depan politik Erdogan sebagian besar bergantung pada sentimen publik terhadap bagaimana pemerintahnya menangani krisis dan siapa yang pada akhirnya bertanggungjawab atas bencana alam ini yang jauh lebih mematikan daripada yang seharusnya. (dengan Al Arabiya)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home